Sukses

Jokowi Akan Lantik 6 Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju Pagi Ini

Hal itu disampaikan Jokowi usai mengumumkan nama-nama menteri baru di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) petang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/12/2020) pagi ini. Hal itu disampaikan Jokowi usai mengumumkan nama-nama menteri baru di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) petang.

"Pelantikan akan dilaksanakan insyaAllah besok pagi," kata Jokowi.

Pihak Istana juga memastikan pelantikan akan dilakukan di Istana Negara.

"Pelantikan jam 09.30 WIB. Iya (di Istana Negara)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa 22 Desember 2020 malam.

Sementara itu, calon menteri yang diperkenalkan Jokowi itu, pertama Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu ditunjuk sebagai Menteri Sosial. Kursi Mensos sendiri kosong sejak Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Kedua, Sandiaga Uno. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang pernah menjadi calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 ini dipercaya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

"Beliau adalah dulu Wagub DKI Jakarta, Ketua Hipmi dan saat ini Beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Jokowi.

Ketiga, Budi Gunawan Sadikin yang ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Sebelumnya, Budi merupakan Wakil Menteri BUMN.

Keempat, Ketua Gerakan Pemuda Anshor, Yaqut Cholil Qoumas. Wakil Ketua Komisi II DPR ini dipercaya menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sakti dan Lutfi

Selanjutnya, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. Ia diberi tanggung jawab sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Sebagaimana diketahui, kursi definitif Menteri Kelautan dan Perikanan kosong lantaran Edhy Prabowo terjerat kasus korupsi.

Terakhir, Muhammad Lutfi menggantikan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan.

"Beliau sebelumnya pernah di Kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Dubes RI untuk Jepang, dan terakhir Dubes RI untuk AS dan sekarang akan kita berikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan," kata Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.