Sukses

Profil Yaqut Cholil Qoumas, Ketua PP GP Ansor yang Jadi Menag

Setelah sebelumnya diduduki Fachrul Razi, kini Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama (Menag).

Liputan6.com, Jakarta - Posisi Menteri Agama menjadi salah satu yang turut terkena reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini, Selasa (22/12/2020).

Setelah sebelumnya diduduki Fachrul Razi, kini Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama (Menag).

"Yang keempat adalah Bapak Yaqut Cholil Qoumas. Beliau adalah tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," ucap Jokowi saat mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Yaqut Cholil Qoumas merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Melansir laman www.nu.or.id, Gus Yaqut, sapaan akrabnya, tumbuh di lingkungan relijius, yakni di Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah.

Lantas, seperti apakah profil Yaqut Cholil Qoumas yang baru saja ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama? Berikut rangkuman Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latar Belakang dan Pendidikan

Yaqut Cholil Qoumas lahir di Rembang, Jawa Tengah, 4 Januari 1975. Ayahnya adalah KH Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pendidikan Yaqut dimulai dari SDN Kutoharjo lulus pada 1987. Kemudian lanjut ke SMPN 11 Rembang lulus pada 1990.

Yaqut pun melanjutkan pendidikan SMA di SMAN II Rembang dan lulus pada 1993. Kemudian kuliah Sarjana mengambil jurusan Sosiologi di Universitas Indonesia atau UI.

Saat menempuh studi di UI, Yaqut juga aktif di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Depok sebagai salah seorang pendirinya pada 1996-1999.

 

3 dari 4 halaman

Jejak Karier dan Politik

Sebagai kader PKB di Rembang, Yaqut pun dipercaya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Rembang pada 2001-2014.

Pada 2005, Yaqut memutuskan terjun ke politik praktis dan terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Rembang dari PKB.

Dan pada tahun yang sama pula, ia terpilih sebagai Wakil Bupati Rembang periode 2005-2010. Kemudian, lima tahun berikutnya, Yaqut duduk sebagai anggota DPR RI periode 2015-2019 sebagai Pengganti Antarwaktu (PAW) menggantikan Hanif Dhakiri yang dilantik menjadi Menteri Ketenagakerjaan.

Kala itu, ia duduk di Komisi VI yang meliputi bidang Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan BUMN, serta Standardisasi Nasional.

Yaqut pun kembali menjadi anggota DPR RI pada periode 2019-2024 di Komisi II yang meliputi bidang Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reforma Agraria.

Selain aktif di dunia politik, Yaqut juga mengabdikan dirinya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor pada 2011-2016.

Kemudian, ia pun secara aklamasi diamanahi sebagai Ketua Umum PP GP Ansor 2015-2020 pada Kongres XV di Pondok Pesantren Pandanaran, Yogyakarta.

Dan saat ini, Jokowi menujuk Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama untuk menggantikan Fachrul Razi.

4 dari 4 halaman

4 Menteri Jokowi yang Diciduk KPK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.