Sukses

Jadi Menparekraf, Ini Strategi Sandiaga Uno Kuatkan Pariwisata Akibat Covid-19

Sandiaga Uno juga menyatakan akan berkolaborasi dengan semua pihak, mulai dari lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Sandiaga mengaku akan menerapkan dua strategi untuk penguatan sektor pariwisata di Indonesia. Salah satunya yakni strategi inovasi dengan menggunakan teknologi hingga pendekatan dengan data.

"Pendekatan kekinian untuk memetakan, baik dari segi potensi maupun penguatan dan memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan, tapi bukan hanya survive but also thrive, bertahan dan menangkap peluang menjadi pemenang. Itu strategi inovasi," kata Sandiaga Uno dalam YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12/2020).

Pesaing Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 ini juga akan menerapkan strategi adaptasi, yakni CHSE dan kolaborasi. Kata Sandiaga, saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 yang berdampak pada pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kemudian, Sandiaga juga menyatakan akan berkolaborasi dengan semua pihak, mulai dari lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga masyarakat.

"Hingga pemerintah provinsi, akademisi, universitas, maupun masyarakat dan dunia usaha, Kadin, Hipmi, PHRI dan seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor yang teramat penting ini," ucap dia.

Selain itu, dia juga mengatakan banyak lapangan pekerjaan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang harus segera diselamatkan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para pemimpin-pemimpin Kementerian Parekraf sebelumnya, tentunya kita harus terus menjalankan kolaborasi, melanjutkan yang baik dan mengkoreksi apa yang perlu di perbaiki," kata Sandiaga Uno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amanah Berat dari Jokowi

Sandiaga pun mengatakan, mendapatkan amanah sangat berat dari Presiden Jokowi untuk memulihkan pariwisata dan ekonomi kreatif dari pandemi Covid-19.

"Tugas dan amanah yang disampaikan oleh bapak Presiden dan wakil presiden teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari Covid-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat bergantung pada pemulihan kesehatan dari sisi Covid-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.