Sukses

Harta Risma, Calon Mensos Naik Rp 5 Miliar Lebih dalam Setahun

Harta Risma tersebut didominasi tanah dan bangunan yang tersebar di Kota Surabaya. Risama tercatat memiliki 4 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 6.481.252.000.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan dilantik menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi. Risma rencananya akan dilantik pada Rabu 23 Desember 2020 esok oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Berdasarkan laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik Risma yang diakses Liputan6.com melalui elhkpn.kpk.go.id, harta Risma lebih dari Rp 7,1 miliar. Harta tersebut dia laporkan pada 27 Maret 2019 untuk periodik pelaporan tahun 2018.

Harta Risma tersebut didominasi tanah dan bangunan yang tersebar di Kota Surabaya. Risama tercatat memiliki 4 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 6.481.252.000.

Sementara untuk alat transportasi, Risma melaporkan memiliki dua unit kendaraan roda empat dengan jenis Toyota Kijang Inova dan Mitsubishi Pajero Sport. Total harta dua mobilnya senilai Rp 985 juta.

Harta bergerak lainnya yang dilaporkan Risma sebesar Rp 85 juta. Risma tak tercatat memiliki surat berharga. Namun kas atau setara kas lainnya milik Risma sebesar Rp 580.481.659. Risma juga tercatat memiliki utang dengan nilai Rp 952.478.703.

Jadi, secara total nilai harta Risma sebesar Rp 7.179.254.946.

Harta Risma ini naik signifikan dari pelaporan sebelumnya. Tercatat Risma pernah melaporkan hartanya juga pada tahun 2017 dengan total kekayaannya Rp 1.885.144.198. Dengan demikian, dalam kurun waktu satu tahun, harta Risma bertambah hingga Rp 5 miliar lebih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditunjuk Jokowi Jadi Mensos

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial pada reshuffle kabinet menteri hari ini.

"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini. Saya kira semua tahu semuanya, beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Ibu Tri Rismaharini kita berikan tanggungjawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Adapun, Jokowi mengumumkan didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Adapun Tri Rismaharini terlihat menggunakan baju putih dengan jaket biru lengkap dengan masker.

"Pada sore ini saya bersama-sama bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menter-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju," kata Jokowi sebelum mengumumkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.