Jokowi Umumkan Sandiaga Uno Jadi Menparekraf Gantikan Wishnutama

Oleh Mevi Linawati pada 22 Des 2020, 15:49 WIB
Diperbarui 22 Des 2020, 15:56 WIB
Suasana rapat terbatas Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin dan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta, Senin 3 Agustus 2020
Perbesar
Presiden Jokowi saat rapat terbatas dengan Wapres Ma'ruf Amin dan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka Jakarta, Senin 3 Agustus 2020. (dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengumumkan reshuffle kabinet. Jokowi mengumumkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pengumuman reshuffle kabinet itu digelar di Istana Merdeka, Selasa 22 Desember 2020.

Dalam pengumuman pada Selasa sore itu, Jokowi mengatakan, Sandiaga Uno sempat menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta dan Ketua HIPMI.

"Dan ini beliau kita berikan tanggung jawab memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi. Sandiaga Uno menggantikan Wishnutama.

Sementara itu, Sandiaga Uno yang hadir saat pengumuman terlihat mengenakan kemeja putih dan jaket biru. Dia duduk di samping Ma'ruf Amin.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Para Calon Menteri yang Bakal Dilantik Dipanggil Jokowi Siang Ini

Kabar reshuffle menteri di kabinet Jokowi -Ma’ruf Amin semakin menguat. Hari ini, Jokowi memanggil sejumlah nama yang disebut akan dilantik menjadi menteri baru.

Sumber Liputan6.com di Istana Kepresidenan mengatakan pemanggilan sejumlah nama calon menteri mulai dilakukan oleh Jokowi pada pukul 13.00 WIB. 

"Sejak jam 13.00 lalu, beberapa tokoh yang akan dilantik menteri sudah datang," ucap sumber tersebut saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (23/12/2020).

Usai memanggil para calon menteri itu secara bergiliran, Jokowi nantinya akan memberikan pengumuman resminya pada pukul 15.00 WIB.

"Saat ini (perbincangan presiden dengan calon menteri) masih berlangsung. Nanti antara jam 15.00 atau jam 16.00 WIB akan beri pernyataan," ucap dia.

Sementara itu, sejumlah nama juga beredar jelang pengumuman penggantian menteri oleh Jokowi. Mereka adalah Budi G Sadikin yang digadang menggantikan Menkes Terawan.

Kemudian Sandiaga Uno yang akan mengisi posisi Menparekraf menggantikan Whisnutama. Kemudian Tri Risma yang mengisi posisi Mensos.

Selanjutnya, M Lutfi sebagai menteri perdagangan, lalu Yahya Cholil Staquf diangkat menjadi Menteri Agama, dan terakhir Wahyu Sakti Trenggono sebagai menteri kelautan perikanan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya