Sukses

Isu Reshuffle Kabinet Menguat, Andi Gani Dikabarkan Masuk Bursa Menteri Jokowi

Andi Gani yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Komisaris BUMN PTPP disebutkan menjadi salah satu kandidat menggantikan Ida Fauziyah sebagai Menteri Ketenagakerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Isu perombakan kabinet atau reshuffle menteri mulai mencuat. Deretan nama calon menteri baru bermunculan. Para calon menteri ini kabarnya sudah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno sejak beberapa hari lalu.

Dari beberapa sumber terpercaya, nama Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menjadi sosok yang muncul bakal menduduki posisi menteri baru di kabinet.

Andi Gani yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Komisaris BUMN PTPP disebutkan menjadi salah satu kandidat menggantikan Ida Fauziyah sebagai Menteri Ketenagakerjaan. Namanya juga disebut paling santer bisa menduduki Menteri Koperasi dan UKM.

Saat dikonfirmasi panggilan dari Istana, Andi Gani yang juga pimpinan konfederasi buruh ASEAN hanya menjawab singkat. Dirinya mengaku tetap ingin berkonsentrasi penuh di jabatan yang diembannya saat ini.

Karena, banyak tugas pengerjaan infrastruktur yang masih harus terus dikebut PTPP untuk pembangunan nasional.

"Saya masih menjalankan tugas penuh sebagai Presiden Komisaris BUMN PT PP. Buat saya di posisi apapun kita, harus berbuat yang terbaik untuk bangsa ini," katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin, 21 Desember 2020.

Bagi Andi Gani, diluar kabinet pun tetap bisa mengabdi secara terhormat buat bangsa dan negara.

Sebelumnya, Andi Gani juga sempat ditawari posisi wakil menteri. Namun, ia menolak jabatan tersebut karena tak memberikannya kewenangan besar dalam mengambil keputusan. Andi Gani dikenal dekat Presiden Jokowi. Ia merupakan salah satu tim pemenangan Jokowi saat pilpres lalu. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah nama Baru Dikabarkan Masuk Kabinet

Selain Andi Gani, ada Budi Gunadi Sadikin, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebutkan menjadi kandidat terkuat sebagai pengganti Terawan dalam memimpin Kementerian Kesehatan.

Kebetulan sejak Juli lalu, Budi yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah terlibat langsung dalam menangani pandemi Covid-19.

Ada pula nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang dikabarkan menjadi Menteri Sosial. Risma disebut akan mengisi kekosongan kursi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang sebelumnya dipegang Juliari Batubara.

Kemudian, ada nama Yahya Cholil Staquf, yang merupakan Katim Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU). Yahya Cholil dikabarkan akan menggantikan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama.

Terakhir, ada nama Wahyu Sakti Trenggono yang kabarnya akan ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Wahyu yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan, akan menggantikan Edhy Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.