Sukses

Top 3 News: Ramai Kabar Isu Keterlibatan Gibran dalam Kasus Korupsi Bansos

KPK memastikan bakal mendalami setiap informasi terkait kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 yang menjerat Mensos Juliari Batubara, termasuk informasi soal adanya keterlibatan Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait kabar keterlibatan Gibran Rakabuming Raka dalam kasus dugaan korupsi bansos Covid-19.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun angkat bicara. Lembaga antirasuah itu pun memastikan bakal mendalami setiap informasi terkait kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 yang menjerat Menteri Sosial Juliari Batubara, termasuk informasi soal adanya keterlibatan Gibran Rakabuming Raka.

Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu disebut-sebut sebagai pihak yang merekomendasikan PT Sritex dalam pengadaan goodie bag bansos Covid-19.

Menurut Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, proses penyidikan kasus ini masih berjalan. Sehingga tak menutup kemungkinan tim penyidik akan mendalami informasi tersebut dengan melakukan pemanggilan terhadap Gibran.

Lalu ada Yusril Ihza Mahendra yang buka suara soal adanya tawaran untuk menjadi kuasa hukum pimpinan FPI Rizieq Shihab terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yang menyebabkan kerumunan.

Yusril pun mengakui memang ada beberapa pihak, baik secara langsung ataupun tidak langsung meminta dirinya membela Rizieq Shihab.

Namun Yusril menegaskan, dirinya baru bisa membela atas permintaan yang bersangkutan atau keluarganya.

Sementara itu, wacana akan adanya reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi-Wapres Ma'ruf Amin semakin menguak.

Bahkan yang terbaru, Ketua DPP PKB Faisol Riza menyebut, akan ada 6 posisi yang akan diganti oleh Jokowi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 21 Desember 2020:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

KPK Siap Dalami Dugaan Keterlibatan Gibran dalam Kasus Suap Bansos Covid-19

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bakal mendalami setiap informasi terkait kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 yang menjerat Menteri Sosial Juliari Batubara. Termasuk informasi soal adanya keterlibatan Gibran Rakabuming Raka.

Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu disebut-sebut sebagai pihak yang merekomendasikan PT Sritex dalam pengadaan goodie bag bansos Covid-19.

"Kami memastikan setiap informasi akan digali dan dikonfirmasi pada saksi-saksi yang diperiksa," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin, 20 Desember 2020.

Ali menyatakan, peroses penyidikan kasus ini masih berjalan. Sehingga tak menutup kemungkinan tim penyidik akan mendalami informasi tersebut dengan melakukan pemanggilan terhadap Gibran.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

Jawaban Yusril Ihza Mahendra Diminta Jadi Pengacara Rizieq Shihab

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) yang juga advokat, Yusril Ihza Mahendra angkat bicara soal ada tawaran untuk menjadi kuasa hukum untuk Pimpinan FPI Rizieq Shihab terkait kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yang menyebabkan kerumunan.

"Memang beberapa pihak baik secara langsung menelepon, via WA atau tidak langsung di berbagai grup WA relatif banyak yang meminta kepada saya agar membela HRS (Habib Rizieq Shihab) sebagai pengacaranya," kata Yusril dalam keterangannya melalui Sekjen PBB Afriansyah Noer, Senin, 21 Desember 2020.

"Saya jawab bahwa sebagai advokat saya tidak bisa menawarkan jasa kepada seseorang. Advokat itu harus pasif. Dia baru bisa membela atas permintaan yang bersangkutan atau keluarganya," lanjut dia.

Yusril lantas menyebut, banyak tokoh yang telah dibantunya dalam menangani perkara. Namun, acap kali lupa. 

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

PKB Soal Reshuffle Kabinet: Dengar Ada 6 Posisi Menteri Diganti

Ketua DPP PKB Faisol Riza mengatakan, wacana reshuffle kabinet menguat akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dia bahkan melempar wacana akan ada 6 posisi yang akan diganti oleh Jokowi.

"Saya dengar ada 6 posisi," kata Faisol saat dkonfirmasi, Senin, 21 Desember 2020.

Meski demikian, dia tak bisa memprediksi apakah jumlah tersebut sudah baku. Bahkan Faisol menyebut angka yang bakal diganti lebih dari itu.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Penyaluran Bansos Corona di Daerah Terkendala Birokrasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.