Sukses

Top 3 News: Jokowi Putuskan Vaksin Covid-19 Diberikan Gratis untuk Masyarakat

Jokowi juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani merealokasi anggaran negara untuk ketersediaan dan vaksinasi Covid-19 secara gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada masyarakat menjadi berita terpopuler pertama di Top 3 News, Rabu, 16 November 2020.

Keputusan tersebut diambil setelah Jokowi mengalkulasi ulang keuangan negara. Dia pun langsung meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani merealokasi anggaran negara untuk vaksinasi Covid-19 gratis.

Berita Rizieq Shihab juga tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com. Terlebih usai pimpinan Front Pembela Islam (FPI) ditetapkan tersangka dan dilakukan penahanan atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan hingga menimbulkan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Beragam reaksi dari para simpatisan pun kini datang usai Rizieq Shihab ditahan. Mereka bahkan ada yang rela menggantikan posisi pimpinan FPI tersebut. 

Gelombang protes dari para pendukung Rizieq tersebut datang dari Tasikmalaya, Cimahi, Tangerang dan Bekasi. 

Ditangkapnya belasan teroris yang tiba di apron kargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, 16 Desember juga banyak menuai sorotan. Namun, satu yang paling menyita perhatian, dia adalah Zulkarnaen alias Arif Sunarso Panglima Askari.

Siapa Zulkarnaen? Dia menjadi aktor penting di balik berbagai peristiwa teroris besar di Indonesia. Di antaranya pengeboman Kedubes Pilipina tahun 1999, pengeboman gereja serentak pada malam Natal di 2000-2001, Bom Bali I (2002), Bom Bali 2 (2005), Bom Kedubes Australia (2004) dan Bom JW Mariot (2003).

Teroris Zulkarnaen ditangkap setelah 18 tahun buron. Diamankan di Gang Kolibri, Toto Harjo, Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 16 Desember 2020:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi: Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Gratis

Presiden Jokowi memutuskan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan kepada masyarakat secara gratis. Hal ini diputuskan setelah menerima masukan dari masyarakat dan mengkalkulasi ulang keuangan negara.

"Saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," jelas Jokowi di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12/2020).

Dia memerintahkan seluruh jajaran kabinet, pimpinan lembaga negara, dan kepala darerah untuk memprioritaskan program vaksinasi di anggaran 2021. Jokowi juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani merealokasi anggaran negara untuk ketersediaan dan vaksinasi gratis.

"Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," kata dia.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Redam Polemik Rizieq Shihab di Masyarakat, Polisi Diminta Tidak Gunakan Pendekatan Represif

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ditahan atas kasus pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Keputusan yang diambil penyidik Polda Metro Jaya ini pun menuai reaksi dari simpatisan Rizieq Shihab. 

Di Tasikmalaya, Cimahi, Tangerang dan Bekasi misalnya ratusan orang berbodong-bondong ke kantor polisi. Mereka menuntut Rizieq Shihab dibebaskan. Bahkan di antara mereka rela dan siap ditahan mengantikan posisi Rizieq Shihab.

Pengamat Intelijen dan Keamanan Stanislaus Riyanta mengaku tak terkejut dengan adanya respons yang muncul dari simpatisan pascapenahanan Rizieq Shihab. Menurut dia, Rizieq Shihab memang punya basis massa yang cukup kuat dan militan terutama di daerah Jawa Barat.

Pemerintah harus segera mengambil sikap. Karena jika dibiarkan akan berpengaruh pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Dia menyampaikan, kunci dari persoalan ini adalah komunikasi yang baik antara pemerintah dan simpatisan atau masyarakat.

Dia melanjutkan, sebaiknya juga libatkan tokoh agama, dan tokoh masyarakat dengan mengadakan forum dialog bersama untuk menjelaskan kasus yang menimpa Rizieq Shihab.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Sepak Terjang Zulkarnaen, Teroris Bom Bali yang Berakhir dengan Tangan dan Kaki Terborgol

Buron selama 18 tahun, pelarian teroris bom Bali 1, Zulkarnaen alias Arif Sunarso Panglima Askari, berakhir dengan sebuah sarung dan baju tahanan. Kedua pergelangan kaki dan tangannya pun diborgol ketat.

Tiba di apron kargo Bandara Soekarno Hatta, Zulkarnaen menjadi penumpang rombongan terakhir terduga teroris yang menginjakan kaki ke landasan. Hanya mengenakan sarung, atasan baju tahanan warna oranye bernomor dada 13, dan tanpa alas kaki.

Zulkarnaen berhasil diamankan di Gang Kolibri, Toto Harjo, Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Mengemban jabatan 'panglima', pria yang kini berusia paruh baya itu ternyata menjadi orang penting di Jaringan Islamiyah (JI). Bagaimana tidak, dia menjadi aktor di balik berbagai peristiwa teroris besar di Indonesia.

"Dia aktor di balik kerusuhan Ternate, Ambon dan Poso. Lalu pemboman di sejumlah daerah," kata Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.