Kemenag Targetkan Asrama Haji Indramayu Rampung Akhir Desember 2020

Oleh Muhammad Ali pada 15 Des 2020, 03:11 WIB
Diperbarui 15 Des 2020, 03:11 WIB
Pengecekan Kelengkapan Administrasi Calon Jemaah Haji
Perbesar
Calon jemaah haji kloter pertama mengantre saat melakukan kelengkapan administrasi di Asrama Haji, Jakarta, Sabtu (6/7/2019). Pengecekan kelengkapan administrasi berupa cek kesehatan, foto biometrik dan sidik jari untuk keperluan imigrasi di embarkasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama menargetkan pembangunan Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat, dapat selesai pada akhir Desember 2020 sejak dimulai pembangunannya pada Agustus tahun ini.

"Diharapkan pembangunan tahap 1 ini selesai akhir tahun, sebelum 31 Desember 2020," kata plt Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag Oman Fathurahman kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Asrama Haji Indramayu merupakan fasilitas transit untuk jamaah calon haji dari Jawa Barat yang berangkat dari Bandara Kertajati. Pembiayaan pembangunan asrama haji tersebut menggunakan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Oman berharap pembangunan asrama tersebut dapat memberi efek positif bagi masyarakat setempat, baik secara spiritual, ekonomi, sosial dan lainnya.

"Kami berharap masyarakat merasa nyaman dengan adanya asrama haji, ekonomi tumbuh dan masyarakat bisa merasakan manfaat lainnya," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Sesuai arahan Menteri Agama Fachrul Razi, Oman meminta pemanfaatan asrama haji tersebut bisa secara luas, termasuk dalam upaya mendorong pencapaian misi Kementerian Agama yaitu menjaga kerukunan di wilayah setempat.

 

2 dari 3 halaman

Teladan Asrama Haji Lain

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Muhajirin Yanis mengatakan rencana pembangunan Asrama Haji Indramayu akan berlangsung hingga 2024. Pembangunan tahap 1 diproyeksikan untuk kamar tidur, ruang kerja dan aula. Selanjutnya, akan dibangun fasilitas penunjang lain, antara lain masjid, miniatur Ka'bah, studio manasik dan replika pesawat.

"Kami ikut merancang, membahas dan memutuskan sebelumnya. Setelah melihat hasil jadinya, saya tidak membayangkan bahwa aula bisa jadi sebesar itu. Ini bisa menjadi teladan bagi asrama haji lainnya," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓