Sukses

Anies Baswedan: Penataan Senen Selesai, Tak Lagi Kumuh dan Ada JPO Tuts Piano

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan penataan kawasan Terminal Senen, Jakarta Pusat telah selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan penataan kawasan Terminal Senen, Jakarta Pusat telah selesai. Dia mengatakan, Senen kini menjadi modern jauh dari kesan kumuh.

Dia menyebut, penataan ini berkat kerja sama Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, PT Transportasi Jakarta, Dinas Taman dan Hutan, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan, jajaran wilayah Jakarta Pusat, serta dukungan masyarakat.

"Kini Senen kembali menjadi ikon Jakarta, tidak lagi dianggap kawasan kumuh dan rawan," tulis Anies Baswedan dalam halaman Facebook miliknya, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Anies menyebut kini Senen menjadi salah satu ikon kebanggaan warga Ibu Kota. Terlebih, penataan tersebut mengutamakan pejalan kaki. 

"Penataan Simpang Senen mengikuti empat skala prioritas pembangunan transportasi berbasis jalan raya di Jakarta: pejalan kaki yang utama, lalu pesepeda/kendaraan bebas emisi dan angkutan umum, terakhir kendaraan pribadi," lanjut dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JPO Piano

Anies menuturkan trotoar Senen sudah diperlebar sehingga ramah untuk pejalan kaki. JPO juga telah dipercantik dan dipasang elevator. Jembatan penyeberangan tersebut dihias dengan inspirasi dari piano.

"Jalur pedestrian di simpang Senen direvitalisasi, penataan jalur sepeda, dan jalur busway. Halte TransJakarta Senen kini lebih lebar dan modern, JPO Pasar Senen bercorak tuts piano, JPO Atrium Senen bercorak Betawi, keduanya dilengkapi elevator. Pembangunan Ekstensi Lintas Bawah Senen dipercantik dengan tata cahaya," kata dia.

Anies mengajak semua pihak menjaga dan ikut merawat kawasan Senen.

"Apresiasi kepada para content creator yang telah mengabadikan #WajahBaruSenen ini dan menyebarluaskan ke publik agar semakin banyak yang mau dan bisa memanfaatkan. Mari manfaatkan dan jaga sama-sama," tandas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.