Anies Baswedan: Penataan Senen Selesai, Tak Lagi Kumuh dan Ada JPO Tuts Piano

Oleh Delvira Hutabarat pada 14 Des 2020, 10:50 WIB
Diperbarui 14 Des 2020, 10:50 WIB
Wajah Baru JPO Senen Extension dengan Ornamen Khas Betawi
Perbesar
Suasana Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Senen Extension, di kawasan Senen, Jakarta, Kamis (3/12/2020). JPO Senen Extension yang juga menjadi penghubung menuju halte transjakarta tersebut merupakan jembatan yang telah direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan penataan kawasan Terminal Senen, Jakarta Pusat telah selesai. Dia mengatakan, Senen kini menjadi modern jauh dari kesan kumuh.

Dia menyebut, penataan ini berkat kerja sama Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, PT Transportasi Jakarta, Dinas Taman dan Hutan, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan, jajaran wilayah Jakarta Pusat, serta dukungan masyarakat.

"Kini Senen kembali menjadi ikon Jakarta, tidak lagi dianggap kawasan kumuh dan rawan," tulis Anies Baswedan dalam halaman Facebook miliknya, Jakarta, Senin (14/12/2020).

Anies menyebut kini Senen menjadi salah satu ikon kebanggaan warga Ibu Kota. Terlebih, penataan tersebut mengutamakan pejalan kaki. 

"Penataan Simpang Senen mengikuti empat skala prioritas pembangunan transportasi berbasis jalan raya di Jakarta: pejalan kaki yang utama, lalu pesepeda/kendaraan bebas emisi dan angkutan umum, terakhir kendaraan pribadi," lanjut dia.

 

2 dari 3 halaman

JPO Piano

Wajah Baru JPO Senen Extension dengan Ornamen Khas Betawi
Perbesar
Warga melintas di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Senen Extension, di kawasan Senen, Jakarta, Kamis (3/12/2020). JPO Senen Extension yang juga menjadi penghubung menuju halte transjakarta tersebut merupakan jembatan yang telah direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anies menuturkan trotoar Senen sudah diperlebar sehingga ramah untuk pejalan kaki. JPO juga telah dipercantik dan dipasang elevator. Jembatan penyeberangan tersebut dihias dengan inspirasi dari piano.

"Jalur pedestrian di simpang Senen direvitalisasi, penataan jalur sepeda, dan jalur busway. Halte TransJakarta Senen kini lebih lebar dan modern, JPO Pasar Senen bercorak tuts piano, JPO Atrium Senen bercorak Betawi, keduanya dilengkapi elevator. Pembangunan Ekstensi Lintas Bawah Senen dipercantik dengan tata cahaya," kata dia.

Anies mengajak semua pihak menjaga dan ikut merawat kawasan Senen.

"Apresiasi kepada para content creator yang telah mengabadikan #WajahBaruSenen ini dan menyebarluaskan ke publik agar semakin banyak yang mau dan bisa memanfaatkan. Mari manfaatkan dan jaga sama-sama," tandas Anies.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓