Tim Pemburu Covid-19 Polda Metro Amankan 8 Pengunjung Kafe di Jaksel Positif Narkoba

Oleh Nafiysul Qodar pada 13 Des 2020, 22:35 WIB
Diperbarui 13 Des 2020, 22:36 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus
Perbesar
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pemburu Covid-19 bersama penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengamankan delapan orang pengunjung sejumlah kafe di Jakarta Selatan karena positif mengonsumsi narkoba.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, delapan pengunjung kafe tersebut diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan kafe tempat para pengunjung positif narkoba disegel.

"Enam orang pengunjung positif narkoba didapati di Kilo Kitchen dan dua orang lainnya pengunjung di Resto and Lounge The Brotherhood," kata Yusri, Minggu (13/12/2020).

Yusri mengatakan, Ditrenarkoba Polda Metro Jaya melaksanakan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan bersama Tim Pemburu Covid-19 Polda Metro Jaya pada Sabtu malam 12 Desember 2020 hingga Minggu dini hari.

Operasi gabungan tim Pemburu Covid-19 dan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya ini menyasar tempat usaha di kawasan Jakarta Selatan dengan melibatkan 47 personel.

Sebelum operasi dilaksanakan, dilakukan terlebih dahulu tes cepat dan usap Covid-19 kepada seluruh anggota yang terlibat, termasuk pemberian multivitamin.

"Operasi dilaksanakan dengan humanis, melakukan penindakan terhadap pelanggaran protokol kesehatan dan dalam rangka menekan penyebaran virus Covid-19," kata Yusri.

Seperti dilansir Antara, Tim Pemburu Covid-19 dan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mendatangi tiga tempat usaha di wilayah Jakarta Selatan.

Lokasi pertama Restauran Odin Bendecido Por Soises terletak di Jalan Senopati, petugas menemukan 12 botol pembersih tangan berisi air putih, lalu enam orang pengunjung diuji usap, hasilnya negatif.

"Botol itu berisi air putih kita sita, pengunjung kita bubarkan dan dilakukan penyegelan oleh Satpol PP," kata Yusri.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

8 Orang Positif Narkoba dan Sita Heroin

Selanjutnya petugas mendatangi Kilo Kitchen di Jalan Gunawarman, dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap semua pengunjung. Petugas juga melakukan tes urine terhadap 28 orang pengunjung dengan hasil enam orang positif narkoba.

"Dari enam orang itu, tiga positif mengandung ganja, dua positif mengandung kokain dan satu orang positif mengandung sabu," kata Yusri.

Tidak hanya itu, lanjut dia, petugas juga mendapati satu orang pengunjung membawa heroin.

Petugas lantas membawa semua pengunjung yang terindikasi narkoba tersebut ke kantor Ditresnarkoba untuk menjalani pemeriksaan.

Lokasi ketiga di Resto and Lounge The Brotherhood, yang masih terletak di Jalan Gunawarman, petugas melakukan tes urine kepada 14 orang pengunjung.

"Dari 14 orang pengunjung yang dites urine, dua orang positif kokain dan ganja," kata Yusri.

Yusri menambahkan, Tim Pemburu Covid-19 dan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya melanjutkan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dalam penanganan Covid-19 dan sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahguna dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) hingga Minggu dini hari pukul 00.40 WIB, berjalan dengan tertib dan aman.

Adapun anggota Tim Pemburu Covid-19 Polda Metro Jaya yang terlibat operasi KRYD ini berasal dari satuan, Ditintelkam, Ditreskrimum, Bidang Humas, Bidang Dokkes, Ditpam Obvit, TNI, Bidang Propam, dan Satpol PP DKI.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓