Sukses

Kapolri: Kita Bersyukur Pilkada 2020 Berjalan Aman dan Terkendali

Kapolri Idham Azis mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi mengamankan Pilkada 2020 sehingga berjalan aman, lancar, tertib, dan kondusif.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah daerah, TNI, tokoh masyarakat maupun pihak penyelenggara yang telah berpartisipasi mengamankan Pilkada 2020 di 270 daerah sehingga berjalan aman, lancar, tertib, dan kondusif.

Kapolri juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang menjunjung tinggi nilai demokrasi serta pasangan calon yang memiliki kedewasaan dalam berpolitik. Dengan begitu, mereka mampu mencegah berbagai macam bentuk gangguan sehingga tidak terjadi gejolak di masyarakat.

"Kita bersyukur Pilkada 2020 yang diikuti 270 daerah berjalan dengan aman dan terkendali tanpa adanya gangguan," ujar Idham dalam keterangannya di Jakarta, Rabu malam (9/12/2020).

Idham menuturkan, pelaksanaan Pilkada 2020 berbeda dengan pemilihan kepala daerah sebelumnya, karena tahun ini digelar di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu, dituntut kehati-hatian dari semua pihak khususnya penyelenggara," katanya dikutip dari Antara.

Setiap pemilih dan petugas di tempat pemungutan suara (TPS) wajib mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan virus corona Covid-19. Idham melihat, protokol kesehatan telah diterapkan secara maksimal.

"Protokol kesehatan memang harus ketat dan itu sudah dilakukan hampir di masing-masing TPS saat pencoblosan," ujar Idham.

Mantan Kabareskrim Polri ini menyampaikan, sampai saat ini pihak kepolisian belum menerima laporan adanya insiden yang menonjol dari proses pemungutan suara Pilkada 2020 tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Kondusifitas Terus Terjaga

Idham berharap agar kondisi damai seperti ini bisa terus terjaga. Dia meminta masyarakat termasuk para calon dan tim sukses harus siap menerima apapun hasil Pilkada 2020, sebab Pemilu sejatinya adalah bagian dari demokrasi.

"Sinergi yang dibangun di setiap daerah, harapannya bisa terus dijaga dalam menciptakan iklim yang aman bagi masyarakat," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.