Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Tak Berteduh di Bawah Pohon Saat hujan

Oleh Bam Sinulingga pada 09 Des 2020, 05:15 WIB
Diperbarui 09 Des 2020, 05:15 WIB
Hujan Deras, Sejumlah Pohon Tumbang di Ibu Kota
Perbesar
Pengendara menghindari pohon tumbang yang menutupi sebagian jalan di kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (22/11). Pohon tumbang tersebut menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan mengganggu arus lalu lintas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Bekasi - Cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang diprediksi akan terjadi hingga Februari 2021. Masyarakat Kabupaten Bekasi diminta untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem seperti pohon tumbang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, mengatakan pihaknya dalam sebulan terakhir banyak menerima laporan terkait pohon tumbang. Insiden ini kerap terjadi bersamaan dengan hujan deras yang disertai angin kencang.

"Dalam waktu satu bulan ini ada sekitar 20 laporan pohon tumbang. Memang intensitas hujan dan angin kencang masih cukup tinggi, tetapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata Said, Selasa (8/12/2020).

Karenanya, ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya para pengendara agar selalu waspada dan berhati-hati saat melintas di jalan yang banyak terdapat pohon-pohon besar ketika hujan deras dan angin kencang berlangsung.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak berteduh di bawah pohon, karena sangat berisiko terkena pohon tumbang juga sambaran petir.

"Karena pohon sewaktu-waktu bisa tumbang, jadi harus dihindari," ujar Said.

 

2 dari 3 halaman

Lakukan Upaya Pencegahan

Memasuki Musim Penghujan, Pohon di Jakarta Dipangkas
Perbesar
Petugas pertamanan DKI Jakarta membersihkan pohon usai dipangkas di Jalan Sutan Syahrir, Jakarta, Kamis (15/8/2019). Pemangkasan pohon tersebut dilakukan untuk menghidari pohon tumbang yang diakibatkan oleh angin dan hujan lebat saat musim penghujan tiba. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ia juga meminta instansi terkait untuk melakukan pengecekan dan perapihan pohon secara rutin dan berkala, terutama untuk pohon-pohon berusia tua dan rapuh yang berada di jalan raya maupun lingkungan permukiman warga.

Langkah preventif ini, diakui Said demi memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi warga sekitar dan pengguna jalan yang melintas.

"Jangan menunggu tumbang atau jatuh korban lalu menghubungi BPBD (untuk evakuasi)," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓