Cegah Banjir, Pemkot Malang Kolaborasi Bersama Masyarakat Tanam Pohon Pule

Oleh Gilar Ramdhani pada 08 Des 2020, 13:39 WIB
Diperbarui 08 Des 2020, 13:39 WIB
Cegah Banjir, Pemkot Malang Kolaborasi Bersama Masyarakat Tanam Pohon Pule
Perbesar
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menanam pohon pule.

 

Liputan6.com, Malang Saat memasuki musim penghujan, banyak yang menyadari fungsi pepohonan sebagai penahan aliran air.  Kesadaran itu harus terus dipupuk hingga menjadi sebuah budaya tidak kenal musim.

"Saat ini kita memasuki musim penghujan, butuh banyak pohon untuk penahan, dan membantu resapan air," kata Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

Edi menegaskan, bulan ini (Desember) sangat baik untuk menanam pepohonan. Karena itu ditekankan kepada Dinas Lingkungan Hidup (KLH) dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk mengakselerasikan program kegiatan masing-masing.

Kota Malang sendiri telah menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka mendukung Gerakan Tanam Pohon Pule. Sebelumnya, 10 Ribu bibit Pohon Pule disiapkan guna menggerakkan masyarakat melestarikan lingkungan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Cegah Banjir, Pemkot Malang Kolaborasi Bersama Masyarakat Tanam Pohon Pule
Perbesar
Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menanam pohon pule.

Disusul kemudian gerakan menanam pohon di kawasan Jalan Walet Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun, SMPN 11, Kelurahan Bakalan Krajan dan Makam Mulyorejo.

"Gerakan menghijaukan dan meneduhkan harus terus kita gencarkan. Karena ini juga akan menjadi pendidikan karakter. Saya sangat senang, karena di acara pagi ini juga diikuti anak anak. Ini proses pendidikan serta pembelajaran yang sangat baik," ujarnya.

Kegiatan menanam pohon diikuti Warga, Komunitas Peduli Lingkungan dan ASN Kelurahan Sukun. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Administrasi Pembangunan Diah Ayu Kusumadewi, Camat Sukun I Ketut Widi, Kabag Humas Widianto dan Lurah Sukun.

“Tidak cuma sebagai peneduh dari terik matahari, rimbunnya pohon pule juga dipercaya memiliki segudang manfaat," tegasnya.

Selain sebagai penghijauan, pohon pule dipercaya sebagai tanaman obat herbal untuk menurunkan demam. Kayunya kalau sudah besar harganya juga mahal.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya