Sukses

Top 3 News: Bentrokan Maut Polisi dan FPI di Tol Jakarta-Cikampek

Baku tembak antara polisi dan enam orang yang diduga pengikut Rizieq Shihab itu terjadi di Tol Jakata-Cikampek, Senin 7 Desember dini hari kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Baku tembak antara polisi dan sejumlah simpatisan yang diduga dari kelompok Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek menjadi berita terpopuler pertama dalam Top 3 News, Senin, 7 Desember 2020.

Dalam baku tembak Senin, 7 Desember dini hari kemarin, enam dari 10 orang tewas terkena timah panas polisi. Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menyebut keenamnya sebagai laskar khusus.

Penyerangan terhadap polisi tersebut belakangan dibantah oleh kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar. Dia menyatakan bahwa pihaknyalah yang mengalami penyerangan oleh orang tak dikenal (OTK). 

Sementara iitu, empat lainnya kini dalam pengejaran polisi. Saat diserang, polisi menyebut 10 orang yang diduga pengikut Rizieq Shihab tersebut menggunakan senjata tajam dan api. 

Aksi penyerangan tersebut bermula saat polisi mendapatkan informasi bahwa akan ada pengerahan massa saat imam besar FPI tersebut bakal memenuhi panggilan kedua di Polda Metro Jaya.

Guna mencari kebenaran info tersebut, penyelidikan pun dilakukan. Namun, saat tengah membuntuti sebuah mobil di ruas Tol Jakarta-Cikampek, mobil yang ditumpangi anggota kepolisian malah dipepet dan diserang dengan senjata api dan senjata tajam.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin, 7 Desember 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Baku Tembak Polisi dan Laskar Diduga Pengikut Rizieq Shihab, 6 Orang Tewas

Anggota Polda Metro Jaya diserang di Kilometer 50 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12/2020) dini hari diduga oleh simpatisan Rizieq Shihab. Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menyebut keenamnya sebagai laskar khusus. Keenamnya tewas diterjang timah panas.

Fadil Imran menjelaskan, peristiwa ini bermula ketika enam polisi sedang menyelidiki terkait rencana pengerahan massa pada pemeriksaan Rizieq Shihab yang dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB hari ini.

Sebab, informasi yang diterima kepolisian, akan terjadi pengerahan massa saat Rizieq Shihab diperiksa di Polda Metro Jaya.

"Bahwa akan ada pengerahan kelompok massa untuk mengawal pemeriksaan MRS di Polda Metro Jaya. Terkait itu kami kemudian melakukan penyeldiikan kebenaran info itu," kata Fadil soal kelompok yang diduga pendukung Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya, Senin (7/12/2020).

Fadil menerangkan, kepolisian bertemu dengan salah satu kendaraan di ruas jalan tol. Ketika anggota Polda Metro Jaya membuntuti. Mobil itu mempepet dan melakukan penyerangan dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Polisi Sebut 4 Pengikut Rizieq Shihab Anggota Laskar Khusus Kabur Usai Baku Tembak

Polisi terlibat baku tembak dengan kelompok yang diduga pengikut Rizieq Shihab. Enam orang meninggal dunia, sementara empat lainnya melarikan diri.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, menjelaskan anggota bertemu dengan kendaraan yang ditumpangi pengikut Rizieq Shihab di Kilometer 50 ruas Tol Jakarta-Cikampek pukul 00.30 WIB, Senin (7/12/2020).

Kendaraan petugas itu pun dipepet dan diserang. Baku tembak pun tak terhindarkan. Fadil Imran menyebut, ada 10 orang yang diduga pengikut Rizieq Shihab di mobil tersebut. Enam orang di antaranya tewas.

"Kemudian diserang dengan menggunakan senjata api dan sajam. Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tegas dan terukur, sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS (Muhammad Rizieq Shihab) yang berjumlah 10 orang itu ada enam yang meninggal dunia," ujar Fadil.

Sementara itu, Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar menegaskan bahwa pihaknyalah yang mengalami penyerangan oleh orang tidak dikenal (OTK).

"Bahwa benar ada peristiwa penghadangan, penembakan terhadap rombongan IB HRS dan keluarga serta penculikan terhadap enam orang laskar pengawal IB," tutur Aziz dalam keterangannya, Senin (7/12/2020).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Polisi Duga Pelaku Perusakan Mobil Ketua PA 212 Berjumlah Empat Orang

Polsek Cimanggis telah melakukan cek Tempat Kejadian Perkara (TKP) pengerusakan kendaraan Ketua PA 212, Slamet Maarif. Mobil yang terparkir tidak jauh dari rumahnya di Kawasan Cimanggis, di duga pelaku lebih dari dua orang.

Kapolsek Cimanggis, AKP Agus Khaeron mengatakan, telah menerima informasi pengerusakan mobil milik Ketua PA 212, Slamet Maarif. Mobil yang tersimpan di dalam garasi tidak jauh dari rumahnya di rusak pada Minggu, 6 Desember dini hari.

Agus menjelaskan, mendapatkan informasi tersebut langsung dari Slamet Maarif yang menghubunginya sekitar pukul 12.00. Setelah mendapatkan informasi tersebut, Agus melakukan pengecekan TKP dan melihat rekaman CCTV yang terpasang di garasi Slamet Maarif.

Agus menuturkan, tidak mengetahui secara pasti terkait pengerusakan tersebut. Slamet maarif mengetahui kejadian tersebut sekitar pukul 09.00 atau pukul 10.00 WIB. Selain itu, Slamet Maarif tidak membuat laporan ke Polsek Cimanggis.

"Diduga pelaku lebih dari dua orang, ada sekitar tiga atau empat orang," terang Agus.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.