Sukses

Ini 4 Menteri Jokowi yang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Virus Corona Covid-19 menyerang siapa saja tanpa kenal, termasuk pula para menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - Angka kasus Corona Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah secara signifikan setiap harinya. Sejak Maret 2020, terhitung sudah 9 bulan virus tersebut menjangkit Nusantara.

Virus Corona Covid-19 menyerang siapa saja tanpa mengenal, termasuk pula para menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kabinet Indonesia Maju.

Setidaknya sampai saat ini, sudah ada 4 menteri Jokowi yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19. Hampir seluruhnya kini sudah sembuh dan dinyatakan negatif.

Yang terbaru adalah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19.

Ida Fauziyah mengaku dirinya mengetahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR).

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19," kata Ida kepada Liputan6.com, Kamis, 3 Desember 2020.

Saat ini, kondisi Ida baik-baik saja dan butuh istirahat untuk sementara. Ia terkena Covid-19 tanpa gejala dan melakukan isolasi mandiri.

Sebelum Ida, ada Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi yang pertama kali dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu, 14 Maret 2020.

Berikut deretan menteri Jokowi sampai saat ini sudah terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona Covid-19 dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menteri Perhubungan

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi positif Covid-19. Budi Karya pun sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

"Atas izin keluarga yang disampaikan Pak Wakil Kepala RSPAD tadi, pasien tersebut pak Budi Karya, Pak Menhub," ujar Mensesneg, Pratikno, di Kemensesneg, Jakarta, Sabtu, 14 Maret 2020 malam.

"Hasil laboratorium confirm untuk Covid-19," ujar Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya disebut harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati, saat itu Menhub dalam kondisi stabil.

Saat ini, Menhub Budi Karya telah dinyatakan sembuh dari virus Corona atau Covid-19 setelah dua kali pemeriksaan PCR dengan hasil negatif.

Sebelum dua kali pemeriksaan PCR, Budi Karya sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto selama kurang lebih 17 hari. Budi dirawat sejak 13 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020.

Budi menyebut, penyebab dirinya terpapar virus Corona Covid-19 lantaran aktivitas yang terlalu berlebihan saat virus tersebut masuk ke Indonesia.

"Saya memang melakukan kegiatan fisik yang mungkin berlebihan, sehingga pas ada virus, terpaksa harus terkena," ujar Budi dalam konferensi pers virtual, Senin, 27 April 2020.

 

3 dari 6 halaman

Menteri Kelautan dan Perikanan

Komisi IV DPR RI membenarkan kabar Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo positif Covid-19.

Hal ini diungkapkan langsung Wakil Ketua Komisi IV Daniel Johan. Diketahui, Komisi ini merupakan mitra kerja dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dia memperoleh informasi tersebut dari staf KKP sekitar 3 September 2020.

"Iya (positif Covid-19). Saya mendapat kabar dari staf KKP. Dan info yang saya dapat kondisinya sehat. Saya dapat infonya 3 September, tapi tanggal pastinya harus tanya langsung," kata Daniel kepada Liputan6.com, Selasa, 8 September 2020.

Politisi PKB ini langsung mencoba mengontak langsung Edhy melalui Whatssapp. Namun, tak langsung menanyakan positif Covid-19.

"Saya langsung WA Bang Edhy, tapi tidak secara langsung menanyakan hal itu, hanya mendoakan agar selalu sehat dan lancar," jelas Daniel.

Daniel pun bercerita bahwa pesan tersebut langsung dibalas oleh Edhy. Dia tak menjelaskan Edhy positif Covid-19. Hanya mengucapkan terima kasih saja.

"Dijawab amin, terima kasih Pak Ketua," tukas Daniel.

Namun saat ini, Edhy Prabowo sudah mundur dari posisi Menteri Kelautan dan Perikanan usai ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

4 dari 6 halaman

Menteri Agama

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif virus Corona Covid-19. Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, mengatakan kondisi Fachrul saat ini dalam keadaan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata Kevin saat dikonfirmasi, Senin, 21 September 2020.

Meski dinyatakan positif Covid-19, Kevin menegaskan, kondisi Fachrul Razi dalam keadaan baik dan tanpa gejala yang mengkhawatirkan.

"Alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," jelas dia.

Kevin menambahkan, saat ini Fachrul Razi menjalani isolasi dan istirahat. Hal ini dilakukan sebagai komitmen taat protokol kesehatan.

"Menag tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. Mohon doanya," kata Kevin.

 

5 dari 6 halaman

Menteri Ketenagakerjaan

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona Covid-19.

Kabar itu dibenarkan oleh salah satu anggota Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Rintoko Al Muhtaj.

"Iya, benar Ida Fauziyah positif Covid-19," ujar Rintoko singkat saat dihubungi Liputan6.com, Kamis, 3 Desember 2020.

Sementara itu, Ida Fauziyah mengaku dirinya mengetahui positif Covid-19 setelah menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR).

"Ya betul hasil PCR test saya positif Covid-19," kata Ida kepada Liputan6.com.

Ida memastikan saat ini dalam kondisi sehat, meski dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Saat ini, dia menjalani isolasi untuk mencegah penularan Covid-19 semakin meluas.

"Alhamdulillah kondisi fisik saya baik. Sekarang saya melakukan isolasi untuk menghindari penularan," ucap Ida.

Namun, dia tidak mengungkap tengah melakukan isolasi mandiri di rumah sakit atau kediamannya.

6 dari 6 halaman

7 Kepala Daerah Positif Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.