Sukses

Cegah Lonjakan Covid-19 di Libur Akhir Tahun, Pemda Diminta Berani Bubarkan Kerumunan

Wiku meminta selama libur akhir tahun 2020 pemerintah daerah mengoptimalkan penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan untuk memutuskan penyebaran covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memutuskan memangkas libur akhir tahun 2020 sebanyak 3 hari. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan penandatangan SKB tiga menteri tersebut untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 saat libur akhir tahun.

"Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi meningkatnya kasus positif yang seringkali terjadi pada periode libur pajang," katanya dalam konferensi pers, Kamis (3/12).

Wiku meminta selama libur akhir tahun 2020 pemerintah daerah mengoptimalkan penegakan disiplin terhadap protokol kesehatan tanpa pandang bulu. Pemerintah daerah juga harus berani tegas membubarkan kerumunan.

"Selain itu, lakukan juga amplifikasi kampanye protokol 3 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak," sambungnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Mobilitas

Wiku juga meminta masyarakat untuk mengurangi mobilitas selama libur akhir tahun 2020. Dia berharap, masyarakat melakukan perjalanan jika memang sangat diperlukan.

"Walaupun sulit untuk meminimalisasi mobilitas, tetapi kita harus menyadari bahwa langkah ini merupakan bentuk perlindungan terhadap diri sendiri dan orang-orang terdekat," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.