Sukses

Euforia Berlebihan Saat Zona Kuning, Kasus Covid-19 di 2 Wilayah Ini Melonjak

Saat ini, dua wilayah di Jawa Timur itu statusnya naik menjadi zona merah risiko penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Komando Resort Militer (Kasrem) 083/Baladhika Jaya, Letkol Inf Akhmad Juni Toa mengatakan, terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Penyebabnya, kata dia, karena masyarakat dan pemerintah daerah setempat terlalu euforia ketika mengetahui wilayahnya masuk kategori zona kuning risiko penyebaran Covid-19.

"Euforia berlebihan menyebabkan Lumajang dan Situbondo kembali ke zona merah," kata dia di kantornya, Rabu (2/11/2020).

Juni menerangkan, pemerintah daerah menjadikan infografis penyebaran Covid-19 sebagai salah satu acuan dalam mengeluarkan kebijakan. Saat itu, mereka melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"PSBB dilonggarkan, aktivitas masyarakat diaktifkan kembali, pemerintah aktif kembali dengan program-program mungkin yang lain. Nah itu berpengaruh pada kasus positif Covid-19," ucap dia.

Juni mengatakan, Lumajang dan Situbondo saat ini telah berubah dari zona kuning menjadi zona merah Covid-19.

Dia menambahkan, peningkatan kategori zona merah juga seiring dengan munculnya sejumlah klaster Covid-19, seperti klaster tenaga medis, dan klaster pejabat, serta klaster demo RUU Cipta Kerja.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Malang Masih Zona Merah

Sementara untuk Kota Malang, kata Juni, statusnya hingga kini masih zona merah penyebaran Covid-19.

"Kota Malang ini adalah zona merah, tetapi kecamatan lain tidak. Tapi kalau secara keseluruhan Kota Malang masih merah di kabupaten," ucap Kasrem 083/Bdj.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.