Sukses

Penuh, TPU Pondok Ranggon Tak Bisa Tampung Jenazah Covid-19 Muslim

Kapasitas lahan pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon unit non-muslim juga sudah mulai menipis.

Liputan6.com, Jakarta Kapasitas pemakaman jenazah Covid-19 unit Islam di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur sudah penuh. Saat ini, TPU Pondok Ranggon hanya bisa memakamkan jenazah Covid-19 non-muslim.

Namun lahan pemakaman untuk jenazah non-muslim di TPU Pondok Ranggon hanya juga mulai menipis, hanya tersisa puluhan petak saja.

"Tinggal (lahan makam untuk) non-muslim, sekitar 30-an petak. Kita sudah habis (lahan makam untuk jenazah Covid-19 muslim)," kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung saat dihubungi, Rabu (2/12/2020).

Sementara itu, kata dia, TPU Pondok Ranggon hanya menerima jenazah Covid-19 muslim yang dimakamkan dengan sistem tumpang. Kata dia, hal tersebut dapat dilakukan bila sudah mendapatkan izin dari pihak keluarga.

Karena hal itu, dia mengimbau agar pemakaman jenazah Covid-19 muslim dapat dilakukan di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat.

"Kita terima itu makam tumpang. Kalau makam tumpang, silakan. Kalau keluarganya ada yang mau makam tumpang," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Covid-19 di Jakarta

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan adanya penambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta sebanyak 1.058 orang pada Selasa (1/12/2020).

Dengan penambahan tersebut jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 sebanyak 137.919 kasus.

"Sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 10.128 (orang yang masih dirawat atau isolasi)," kata Dwi dalam keterangan pers.

Kemudian, dari jumlah total kasus tersebut, sebanyak 125.102 orang telah dinyatakan sembuh dengan tingkat kesembuhan 90,7 persen. Selanjutnya, sebanyak 2.689 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,9 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.