Sukses

Siaga Banjir di Tangerang, Puluhan Personel Gabungan Cek Perlengkapan Bencana

Siaga banjir di musim hujan, puluhan personil gabungan dari Polisi/TNI dan petugas terkait, lakukan apel siaga personel.

Liputan6.com, Jakarta Siaga banjir di musim hujan, puluhan personel gabungan dari Polisi/TNI dan petugas terkait, lakukan apel siaga personel dan pengecekan perlengkapan di halaman Polsek Jatiuwung, Kota Tangerang, Senin (30/11/2020).

Seperti diketahui, kawasan Jatiuwung menjadi salah satu titik banjir di Kota Tangerang yang bisa merendam ribuan rumah sampai 2 hingga 3 meter. Ribuan kepala keluarga pun terpaksa mengungsi di masjid, balai warga, bangunan sekolah dasar, hingga rumah sanak keluarga yang tidak terendam banjir.

"Harapan kami tidak sampai banjir, tapi untuk musim penghujan ini, kami kembali siaga, bilamana bencana banjir tersebut kembali terjadi," tutur Kapolsek Jatiuwung, Kompol Aditya Sembiring.

Personel yang siaga terdiri dari puluhan anggota gabungan TNI/Polri, Satpol PP sebanyak 20 orang, dan BNPB sebanyak 5 personel. Namun, bila nantinya banji melanda, akan lebih banyak petugas yang siaga.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Bencana

Selain personel, petugas gabungan juga mengecek perlengkapan evakuasi, dapur umum, dan keselamatan masyarakat yang menjadi korban banjir. Seperti perahu karet, ban karet, pelampung, tali tambang, dan perlengkapan lainnya.

"Jadi kalau ada perlengkapan yang kurang jumlahnya atau kurang memadai, kita lengkapi kembali," kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, banyak hal yang harus lebih dipersiapkan untuk penanganan bencana alam di era Pandemi Covid-19 ini. Jangan sampai terjadi klaster baru di pengungsian.

Seperti diketahui sebelumnya, pada awal 2020, sekitar bulan Januari dan Februari, terjadi bencana banjir di Perumahan Garden City dan Total Persada, yang disebabkan jebolnya tanggul akibat meluapnya Kali Ledug. Banjir merendam ribuan rumah dengan ketinggian hingga 3 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.