Sukses

Jokowi Ajak Kader PSI Jadi Simpul Penggerak Optimisme Anak Muda

Jokowi juga menjelaskan di era Puncak bonus demografi anak muda akan menjadi segmen terbesar dari populasi penduduk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menuturkan untuk menghadapi bonus demografi saat ini perlu bekerja keras. Hal tersebut bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. hal itu disampaikan saat memberikan sambutan di HUT ke-6 PSI dalam akun Youtube PSI.

"Kita juga harus bekerja keras menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya itulah yang menjadi prioritas utama pemerintah saat ini," kata Jokowi, Minggu (29/11/2020).

Jokowi juga menjelaskan di era Puncak bonus demografi anak muda akan menjadi segmen terbesar dari populasi penduduk Indonesia. Proporsi anak muda yang besar ini kata Jokowi akan bisa menjadi tonic yang menguatkan bangsa.

"Tetapi juga bisa menjadi toxic menjadi racun jika kita tidak siap dari sekarang," ungkap Jokowi.

Dia merinci saat ini setiap tahun ada sekitar 2,9 juta penduduk usia kerja baru anak-anak muda yang masuk ke pasar kerja. Apalagi di tengah pandemi terdapat kurang lebih 6,9 juta pengangguran dan 3,5 pekerja terdampak.

"Kita juga menghadapi kenyataan sebanyak 87% dari total penduduk pekerja memiliki tingkat pendidikan setingkat SMA ke bawah dan 39% di antaranya pendidikan sekolah dasar," lanjut Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PSI Ulang Tahun

Jokowi pun mengajak PSI untuk jadi bagian dari upaya tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengajak seluruh kader PSI di seluruh pelosok tanah air untuk menjadi simpul-simpul kreativitas dan penggerak optimisme anak-anak muda untuk turun tangan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa melalui keberanian.

"Melakukan lompatan dengan kreativitas dan inovasi, selamat merayakan ulang tahun ke-6 PSI dan dan teruslah hadir menginspirasi kebaruan. Melakukan lompatan kemajuan," ungkap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.