Ular Piton Sepanjang 3 Meter Ditangkap Warga Bogor saat Memangsa Ayam

Oleh Achmad Sudarno pada 24 Nov 2020, 14:21 WIB
Diperbarui 24 Nov 2020, 14:33 WIB
piton
Perbesar
Penampakan ular piton yang ditangkap warga Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa (24/11/2020). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor digegerkan dengan penampakan ular piton sepanjang 3 meter, Selasa (24/11/2020). Bukan tanpa alasan, ular piton itu ditemukan ketika memburu ayam ternak warga.

Menurut keterangan warga setempat, penangkapan ular piton yang meresahkan masyarakat ini berawal ketika pemilik rumah mendengar suara gaduh seperti ayam yang sedang terjepit di belakang rumahnya usai salat Subuh. Saat mengecek, pemilik rumah melihat seekor ular sedang memangsa ayam jago.

"Ular ini sedang melilit seekor ayam di belakang rumah," kata Kabid Pemadam Kebakaran Kota Bogor M. Ade Nugraha, Selasa (24/11/2020).

Karena tidak ada yang berani menangkapnya, warga melaporkan penemuan ular sepanjang 3 meter itu ke petugas Unit Damkar Kota Bogor.

"Kita minta warga untuk tidak gegabah menangkapnya kalau belum paham cara menanganinya. Takutnya juga malah nantinya masuk ke dalam rumah," ujar Ade.

Setelah tiba di lokasi, petugas langsung menangkap ular tersebut yang berada di sela-sela bebatuan kemudian dimasukkan ke dalam karung warna putih. Setelah itu ular sanca batik tersebut langsung dibawa ke Kantor Damkar.

"Sekitar 15 menit kemudian ular itu berhasil kita tangkap. Waktu itu posisinya masih melilit ayam, belum dimakan," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Mencari Makan

Ade menduga ular tersebut memangsa hewan peliharaan milik warga lantaran lapar. Karena binatang unggas paling gampang ditangkap, terlebih kondisi di wilayah itu masih banyak yang memelihara hewan seperti ayam dan bebek.

"Memang dalam kondisi musim hujan ular cenderung masuk ke pekarangan untuk mencari makan seperti ayam," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓