Sukses

Massa yang Hadir di Acara Rizieq Shihab Diimbau Isolasi Mandiri 14 Hari

Budi Hidayat, diimbau masyarakat yang hadir di acara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) untuk melakukan isolasi mandiri.

Liputan6.com, Jakarta Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengimbau masyarakat yang hadir di acara pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab isolasi mandiri.

Hal ini menurutnya, dilakukan menyusul adanya puluhan masyarakat yang hadir di acara Rizieq Shihab baik yang di Tebet maupun di Petamburan, positif Covid-19.

"Kemenkes mengimbau semua orang yang mengikuti acara tersebut dan siapa pun yang merasa telah kontak erat dengan orang yang hadir agar isolasi mandiri di rumah selama 14 hari," kata Budi dalam konferensi pers, Minggu (22/11/2020).

Dia menuturkan, jika selama proses isolasi muncul gejala Covid-19, seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan serta hilang indra penciuman dan perasa, dirinya meminta agar masyarakat yang hadir di acara Rizieq Shihab segera datangi fasilitas kesehatan.

"Kunjungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes usap atau PCR test," jelas dia.

Sementara, Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir menambahkan, ketersediaan tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini masih berada di angka 50 persen. Ini menunjukkan, rumah sakit masih bisa menampung pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan hingga 50 persen.

"Namun, bilamana terjadi kenaikan pasien hingga 50 sampai 100 persen, maka Kemenkes telah memerintahkan kepada semua rumah sakit untuk melakukan penataan tempat tidur dengan menambah kapasitas ruang perawatan Covid-19. Tentunya menambah ruang isolasi dan juga ruang ICU," jelas Abdul.

Selain tempat tidur, dia memastikan stok obat untuk pasien Covid-19 masih aman. Meski demikian, dia mengimbau masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol keshatan 3M. Yakni, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun.

"Saya kira itu semua sangat penting untuk memutus rantai penularan Covid-19. Dan kita berdoa mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan," kata Abdul.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puluhan Positif

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat mengatakan, 80 orang yang hadir dalam acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, positf Covid-19.

Dia menuturkan, rinciannya adalah, 50 orang dinyatakan positif bagi yang hadir di Tebet, dan 30 yang hadir dalam acara Rizieq Shihab yang digelar di Petamburan.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di Labkesda 21 November 2020 ditemukan di Tebet total 50 kasus positif dan di Petamburan sebanyak 30 kasus," kata Budi, dalam konferensi pers, Minggu (22/11/2020).

Sementara, untuk acara di Megamendung, Jawa Barat, belum menunjukkan hasil.

Menurutnya, saat ini, ada 15 orang yang hadir di acara Rizieq Shihab di Megamendung, masih menunggu hasil pemeriksaan. "Di Megamendung terdapat 15 sedang menunggu hasil pemeriksaan," jelas Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.