Sukses

Siapkan SDM Indonesia Unggul, Wapres Ma'ruf Ajak Umat Islam untuk Berperan

Ma'ruf meyakini diperlukan peran serta semua pihak khususnya umat Islam sebagai kelompok mayoritas untuk mewujudkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, Indonesia terus berupaya untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) maju dan berkualitas. Karenanya, Ma'ruf meyakini diperlukan peran serta semua pihak khususnya umat Islam sebagai kelompok mayoritas untuk mewujudkannya.

"Umat Islam sebagai mayoritas di Indonesia tentunya sangat menentukan dalam mempersiapkan pembangunan SDM unggul. Oleh karena itu, kita harus mempunyai perhatian yang besar pada pembangunan SDM ini," ujar Ma'ruf saat menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII melalui daring, Sabtu (21/11/2020).

Melalui SDM maju, Wapres memastikan, masyarakat Indonesia akan semakin bertakwa, dinamis, produktif, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan berahlak mulia.

"Ini sejalan dengan tema acara diangkat yakni Dengan MTQ Nasional Kita Wujudkan SDM yang Unggul, Profesional dan Qurani Menuju Indonesia Maju, karena Alquran telah menyebut pentingnya untuk umat Islam mempersiapkan SDM unggul, salah satunya melalui penguatan akhlak," jelas Ma'ruf.

Wapres melanjutkan, akhlak baik patut dimiliki bagi umat Islam. Baik dalam konteks hubungan dengan Allah (hablun minallah), hubungan dengan sesama manusia (hablun minannas), maupun dalam hal etika kerja keras.

"SDM unggul ini diwujudkan melalui pendidikan dan penguasaan ilmu pengetahuan, banyak juga dianjurkan dalam ayat Alquran, seperti kata iqra yang artinya mengucapkan terhadap apa yang tertulis, melakukan perenungan apa yang terkandung di dalamnya, serta melakukan penelitian," Ma'ruf menandasi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sumbar Juara Umum

Sebelumnya, kafilah Provinsi Sumatera Barat menjadi juara umum dalam Musabaqah Tilawatil Quran Nasional 2020 setelah menempatkan sejumlah anggota kontingennya menjadi yang terbaik di nomor-nomor yang diperlombakan.

Dalam rangkaian acara penutupan MTQN 2020, di Masjid Raya Sumatera Barat, Sumbar, Jumat (20/11/2020), Sumbar menjadi yang terbaik diikuti berurutan juara dua kafilah dari DKI Jakarta dan juara tiga Jawa Timur.

Di rangking 4-10 berturut-turut ditempati kontingen Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Banten, Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Barat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.