Sukses

Hadiri KTT-APEC, Jokowi Bicara Pentingnya Memperkokoh Sistem Pasar Terbuka

Presiden Jokowi hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC). Jokowi ikut secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/11/2020).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC). Jokowi ikut secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/11/2020).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengungkapkan, dalam forum itu Presiden Jokowi berbicara terobosan APEC pada tahun 1994. Menurutnya, terobosan APEC 26 tahun lalu soal sistem pasar terbuka dan multilateralisme masih sangat relevan hingga saat ini.

"Presiden Republik Indonesia antara lain menyampaikan bahwa sebuah terobosan besar telah dilakukan APEC di tahun 1994, terobosan ini dinilai presiden masih sangat relevan sampai saat ini antara lain mengenai pentingnya memperkokoh sistem pasar terbuka dan multilateralisme," katanya di akun resmi sekretariat presiden secara virtual, Jumat (20/11/2020).

"Dan tebalnya spirit saling membantu, bekerja sama untuk mencapai tatanan ekonomi yang menguntungkan semua," sambungnya.

Dia menambahkan, Jokowi juga menyampaikan aspek membangun kembali komitmen sekuat yang dilakukan pada tahun 1994 di Bogor dalam merajut visi APEC pasca 2020. Kepala negara secara jujur mengatakan bahwa fondasi kebersamaan yang telah dibangun di masa lalu cenderung melemah.

"2 tahun lalu KTT APEC tidak dapat mencapai kesepakatan oleh karena itu presiden menyambut baik bahwa di KTT kali ini kita dapat menyepakati hasil pertemuan," ungkapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Pembangunan SDM

Selain itu, Retno menambahkan, dalam visi APEC 2020 Indonesia berhasil memasukkan sejumlah isu-isu. Antara lain, mendorong pembangunan sumber daya manusia berkualitas, mendorong pembangunan konektivitas dan mendorong pemberdayaan UMKM dan perempuan dalam ekonomi digital.

"(kemudian) mengarus utamakan kepentingan Indonesia di bidang investasi, akses perdagangan dan pengembangan kapasitas sebagaimana yang tercantum dalam Bogor Goals tahun 1994," pungkasnya. 

Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (#APEC), adalah forum ekonomi 21 negara di Lingkar Pasifik.

    APEC

  • KTT APEC