Sukses

Tinjau Pengungsi Gunung Merapi, Kepala BNPB Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan

Kepala BNPB meninjau lokasi pengungsi akibat erupsi Gunung Merapi, pada Kamis (19/11/2020).

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meninjau lokasi pengungsi akibat erupsi Gunung Merapi, pada Kamis (19/11/2020). Kunjungan ini untuk memastikan kesiapsiagaan antisipasi erupsi Gunung Merapi dilakukan dengan baik oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

"BNPB dan Pemerintah Provinsi menyiapkan dukungan yaitu berupa dukungan anggaran, keahlian, logistik, dan SDM,” kata Doni Monardo dalam keterangannya, Jumat (20/11/2020).

Kepala BNPB menyampaikan pengungsi Gunung Merapi prioritas adalah kelompok rentan yaitu orangtua, anak-anak, ibu hamil, orang sakit dan disabilitas. Selain itu, ia juga memastikan penerapan protokol kesehatan.

“Para pengungsi dan relawan harus swab untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 di lingkungan pengungsian Gunung Merapi. Selain itu protokol kesehatan harus tetap dijalankan selama masa pengungsian. memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, serta rajin cuci tangan,” jelasnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Berisiko

Adapun, Status Siaga telah dikeluarkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada tanggal 5 November 2020. Informasi update Merapi harus mengacurkepada BPPTKG, tidak ada sumber lain.

Wilayah berisiko erupsi Merapi adalah DIY (Kabupaten Sleman) dan Jawa Tengah (Kabupaten Klaten, Boyolali dan Magelang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.