Sukses

Pemkab Bogor Gelar Rapid Test Massal Sekitar Ponpes Rizieq Shihab

Tes cepat ini dalam upaya antisipasi terjadinya klaster baru virus Corona usai kunjungan Rizieq Shihab ke Ponpes Agrokultural Markaz Syariah pada Jumat, 13 November 2020 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menggelar rapid dan swab test massal di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Kamis (19/11/2020). Tes cepat ini dalam upaya antisipasi terjadinya klaster baru virus Corona pascakunjungan Rizieq Shihab ke Ponpes Agrokultural Markaz Syariah pada Jumat, 13 November 2020 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina mengatakan, rapid test massal digelar di dua lokasi berbeda, yakni di Desa Sukagalih dan Desa Kuta.

"Kita antisipasi penyebaran virus dampak kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS) ke Kecamatan Megamendung," kata Mike.

Menurut dia, uji seka dilakukan secara acak kepada masyarakat sekitar, khususnya mereka yang ingin dan bersedia diperiksa oleh petugas.

"Karena tidak mungkin juga kita melakukan tracing kepada orang-orang yang datang di acara HRS (Habib Rizieq Shihab) itu," kata dia.

Apabila ditemukan ada yang reaktif, tahap selanjutnya diarahkan untuk menjalani swab test. Mike menyebut, pihaknya menyediakan sebanyak 500 alat rapid test dan 500 swab tes kit.

"Nantinya, spesimen tersebut akan diperiksa di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Bogor," kata dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kirim Surat Edaran ke Puskesmas

Guna memudahkan pelacakan kontak atau tracing, kata Mike, pihaknya juga telah mengirimkan surat edaran ke setiap Puskesmas se-Kabupaten Bogor untuk mengumumkan siapa saja masyarakat yang ikut menyambut kedatangan Habib Rizieq Shihab maupun menghadiri acara di Ponpes Agrokultural Markaz Syariah di Megamendung. Kemudian diajak untuk menjalani rapid maupun swab test di Puskesmas terdekat.

"Kemarin kan massa yang datang cukup banyak dan berasal dari berbagai kecamatan, jadi kita buat surat edaran ke seluruh Puskesmas untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin tes," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.