Sukses

Satgas Ungkap Ada Daerah Sudah 11 Minggu di Zona Merah Covid-19

Dia meminta kepala daerah untuk menekan angka kasus positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan terdapat lima kabupaten/kota yang selama tiga minggu berturut-turut atau lebih berada di zona merah atau risiko tinggi penularan virus corona. Dia meminta kepala daerah untuk menekan angka kasus positif Covid-19.

"Mohon bantuan gubernur, walikota dan bupati betul-betul memperhatikan kondisi ini. Kita tidak boleh lengah tidak boleh membiarkan kondisi ini berlama-lama," ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (19/11/2020).

Menurut dia, apabila suatu daerah berada di zona merah Covid-19 selama berminggu-minggu menandakan bahwa pemerintah daerah dan masyarakatnya sudah mulai lengah terhadap protokol kesehatan. Sehingga, membuat kasus positif di daerahnya melonjak.

Wiku pun meminta agar pemerintah daerah meningkatkan testing serta memaksimalkan pelayanan kesehatan untuk pasien Covid-19. Hal ini agar kasus aktif dan kematian dapat menurun serta kesembuhan pasien Covid-19 meningkat.

"Jangan biarkan daerah anda menjadi sumber utama penularan. Pastikan juga protokol kesehatan dilakukan secara disiplin oleh masyarakat," jelas Wiku.

Secara keseluruhan, terdapat 28 kabupaten/kota yang berada di zona merah Covid-19. Namun, ada 5 kabupaten/kota yang berminggu-minggu berada di zona tersebut, antara lain:

1. Pemalang, Jawa Tengah (Berada di zona merah Covid-19 selama 3 minggu berturut-turut)

2. Kutai Timur, Kalimantan Timur (Berada di zona merah Covid-19 selama 3 minggu berturut-turut)

3. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Berada di zona merah Covid-19 selama 4 minggu berturut-turut)

4. Kota Bandar Lampung (Berada di zona merah Covid-19 selama 5 minggu berturut-turut)

5. Pati, Jawa Tengah (Berada di zona merah Covid-19 selama 11 minggu berturut-turut).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Baru Covid-19

Sementara itu, pemerintah melaporkan terdapat 4.798 kasus baru virus corona (Covid-19) di Indonesia, Kamis. Dengan adanya penambahan kasus tersebut, total kasus virus corona di tanah air mencapai 483.518.

Penambahan kasus baru itu didapat dari pemeriksaan 47.630 spesimen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, penambahan kasus positif tertinggi ditemukan di DKI Jakarta dengan 1.185. Kemudian, Riau sebanyak 688 kasus baru. Selanjutnya, penambahan tertinggi terjadi di Jawa Tengah dengan 444 dan Jawa Timur 425 kasus baru Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.