Sukses

Cegah Penggunaan Narkoba, Puluhan Narapidana Lapas Cikarang Bekasi Dites Urine

Dari seluruh warga binaan yang mengikuti tes, kata dia, tidak terdapat satupun yang positif menggunakan narkoba.

Liputan6.com, Jakarta - Bekasi Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi melakukan tes urine kepada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cikarang, Pasir Tanjung, Kabupaten Bekasi. Terdapat sekitar 50 warga binaan yang menjalani tes urine.

Dibantu Sat Narkoba Polres Metro Bekasi, petugas BNK melakukan tes secara acak terhadap warga binaan di beberapa blok. Tes ini sendiri bertujuan untuk mencegah penggunaan narkoba di lingkungan narapidana.

"Ada 50 warga binaan yang kami lakukan tes urine dari beberapa blok yang ada di dalam lapas," kata petugas BNK Bekasi, Jumarwan, Kamis (19/11/2020).

Dari seluruh warga binaan yang mengikuti tes, kata dia, tidak terdapat satupun yang positif menggunakan narkoba.

"Alhamdulillah hasil seluruhnya negatif, tidak ada yang menggunakan narkotika maupun obat terlarang," tandasnya.

Sementara Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Nur Bambang Suprihandono mengapresiasi langkah BNK dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan lapas.

"Tes urine WBP dilakukan langsung secara acak di poliklinik Lapas Cikarang. Petugas juga memberikan sosialisasi pencegahan Covid-19," ujar Bambang.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berantas Narkoba

Ke depannya, pihak Lapas Cikarang menegaskan akan rutin berkoordinasi dengan BNK maupun Satnarkoba Polres Metro Bekasi, untuk melakukan kegiatan serupa.

"Ini untuk memutus mata rantai khususnya di Lapas Kelas IIA Pasir Tanjung," tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasat Resnarkoba Polres Metro Bekasi, Budi Setiadi yang akan terus berkoordinasi dengan pihak lapas maupun BNK dalam memberantas narkotika di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin memberantas narkoba agar tidak merusak generasi anak bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.