Sukses

Ma'ruf Amin Tinjau Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cikarang Utara

Ma'ruf tiba di Puskesmas Cikarang Utara pukul 08.50 WIB dan langsung berkeliling untuk meninjau simulasi vaksinasi Covid-19 bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau kegiatan simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, Kamis pagi (19/11/2020).

Dalam tinjauan tersebut, Ma'ruf menyaksikan prosedur vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat, dengan didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

"Simulasi ini merupakan bagian daripada persiapan pelaksanaan vaksinasi secara keseluruhan nanti yang sudah direncanakan oleh Pemerintah," kata Ma’ruf Amin di Cikarang, seperti dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan, ada persiapan yang dilakukan sebelum vaksinasi Covid-19 dilakukan, antara lain penyiapan data penerima vaksin, tahapan penyuntikan, mekanisme pendistribusian, hingga model pengolahan limbah vaksin tersebut.

"Ada beberapa yang disiapkan, termasuk menyiapkan data, nama-nama yang akan divaksin di seluruh Indonesia, kemudian tahapan-tahapan-nya, pendistribusian vaksinnya, dan juga bagaimana limbah vaksin yang banyak itu ditangani," tutur dia.

Ma'ruf tiba di Puskesmas Cikarang Utara pukul 08.50 WIB dan langsung berkeliling untuk meninjau simulasi vaksinasi Covid-19 bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Simulasi vaksinasi Covid-19 merupakan bagian dari upaya pemerintah menyampaikan sosialisasi terkait vaksin Covid-19 yang saat ini masih dalam tahap uji klinis.

Sosialisasi vaksin Covid-19 oleh pemerintah bertujuan untuk mengenalkan pentingnya injeksi vaksin untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 guna mengakhiri pandemi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Tinjau Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Tanah Sareal Bogor

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau simulasi pemberian vaksin Covid-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (18/11/2020).

Jokowi tiba pukul 08.25 WIB. Usai melakukan peninjauan, Jokowi meninggalkan lokasi pada pukul 08.45 WIB.

Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau satu persatu tahapan simulasi pemberian vaksin Covid-19. Dia meminta pada saat pemberian vaksinasi nanti lebih sempurna, sehingga aman, cepat dan memerhatikan protokol kesehatan.

"Pak Jokowi nitip supaya beberapa hal disempurnakan, seperti tadi petugas tidak mengenakan sarung tangan. Kemudian menanyakan kapasitas per hari berapa, karena ingin cepat," kata Wali Kota Bogor Bima Arya usai mendampingi Jokowi meninjau simulasi vaksinasi di Puskesmas Tanah Sareal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.