Sukses

Polisi Temukan 1 Lagi Akun Sebarkan Video Syur Mirip Gisel Secara Masif

Yusri menyampaikan, kepolisian terus menelusuri akun-akun yang mengunggah video syur mirip Gisel sambil mencari sosok yang menyebarkan pertama kali.

Liputan6.com, Jakarta - Direskrimsus Polda Metro Jaya masih melakukan patroli siber untuk mencari akun media sosial yang menyebarkan video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel secara masif.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, pihaknya kembali menemukan satu lagi akun media sosial yang memviralkan video syur mirip Gisel. Penyidik pun masih berupaya mengidentifikasi pemilik akun.

"Ada satu akun didalami penyidik siber. Diduga menyebarkan video syur mirip Gisel lebih masif lagi," kata dia di Polda Metro Jaya, Senin (16/11/2020).

Yusri menyampaikan, kepolisian terus menelusuri akun-akun yang mengunggah video syur mirip Gisel sambil mencari sosok yang menyebarkan pertama kali.

"Nanti semua pasti berjalan, kami amankan dahulu orang yang menyebarkan secara masif, nanti mengerucut ke orang yang pertama kali menyebarkan termasuk siapa yang di dalam video itu," ujar dia.

Yusri menerangkan, kepolisian hari ini mengagendakan pemeriksaan terhadap ahli IT. Orang itu pun bersedia datang ke Polda Metro Jaya pada pukul 10.00 WIB.

"Kami butuhkan keahlian beliau di sini sebagai tindak lanjutnya penyelidikan kasus video syur mirip Gisel," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 penyebar jadi tersangka

Sebelummya, polisi menetapkan PP dan MM sebagai tersangka penyebar video syur mirip artis Gisella Anastasia.

Polisi menyebut keduanya menyebarkan secara masif di akun twitter pribadi. Tujuanya demi mendapatkan banyak pengikut di media sosial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat (13/11/2020) menyampaikan, kedua orang tersebut bukanlah yang pertama kali menyebarkan video syur mirip Gisel. Namun, hanya membagikan ke akun media sosial lain secara masif.

Kepada kepolisian, keduanya mengaku memperoleh rekaman video dari salah satu akun media sosial. Mereka kemudian menyebarkan agar mendapatkan banyak pengikut.

"Apa motif daripada yang sekarang tersangka? Ini kami masih mendalami terus. Awalnya adalah dia mendapatkan dari salah satu akun medsos, kemudian dia share secara masif untuk apa? Pengakuannya dia untuk menaikan follower dia, yang kedua untuk ikuti kuis kalau follower-nya banyak," kata dia.

Yusri menerangkan, kepolisian tidak berhenti sampai di sini. Pihaknya sedang berupaya mengidentifikasi orang yang mengunggah pertama kali ke media sosial. Juga mencari sosok pemeran dalam video syur mirip Gisel.

"Nanti dari situ akan bertahap, kemudian nyari siapa sih yang menyebarkan pertama, lalu nanti siapa yang membuat video ini," ucap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.