Sukses

Aksi Konkrit 3M untuk Masyarakat Indonesia yang Lebih Baik dan Maju

3M Indonesia gencar melaksanakan program-program inovatif melalui tanggung jawab sosial untuk membantu menjalankan keberlangsungan ekosistem di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa 45 tahun sudah 3M Indonesia hadir di Indonesia dan menjadi bagian penting kemajuan masyarakat dan pembangunan. Produk yang dihasilkan 3M Indonesia sudah mampu memenuhi berbagai kebutuhan industri, seperti kesehatan, otomotif, commercial solution, consumer, komunikasi, desain dan konstruksi, elektronik, pertambangan, manufaktur, minyak dan gas, keselamatan sampai transportasi.

Selain terus berkomitmen menghadirkan produk-produk berkualitas dan solutif, mulai dari produk safety atau Alat Perlindungan Diri (APD), produk aftercare otomotif yang dihadirkan melalui 3M Perfect-it, varian produk pembersih dari Scotch-Brite, hingga berbagai perlengkapan kantor dari brand Scotch dan Post-It. 3M Indonesia juga gencar melaksanakan program-program inovatif melalui tanggung jawab sosial untuk membantu menjalankan keberlangsungan ekosistem di Indonesia.

Berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, 3M bergerak melalui tiga fokus utama yaitu pendidikan, lingkungan dan komunitas. Berikut ini beberapa inisiatif 3M Indonesia yang telah hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia:

1. Pendidikan

 

3M Indonesia mengajak anak-anak dan generasi muda untuk lebih mengenal sains dengan cara yang menarik. Kegiatan yang pernah dilakukan antara lain Science Tour dan 3M Science Games.

Sejak tahun 2011, 3M telah memiliki Customer Innovation Center & Workshop yang modern, dimana teknologi yang telah dihasilkan 3M selama ini dapat ditampilkan secara komprehensif. Orang-orang termasuk anak-anak memiliki kesempatan untuk bisa berkunjung dan mengikuti Science Tour.

3M Science Games merupakan kompetisi sains dengan cara pengenalan yang menyenangkan dan menarik untuk anak-anak sekolah dasar. Kompetisi ini dirancang sesuai dengan konsep pembelajaran STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) di Indonesia.

 

Di awal tahun ini, 3M Indonesia berkolaborasi dengan mitra sains DoctorRabbit untuk melaksanakan program 3M Science Games. Kompetisi ini diikuti oleh sekitar 300 anak pelajar dari rentang kelas 3-6 SD yang menjadi peserta. Total lebih dari 40 sekolah dasar dari wilayah JABODETABEK turut berpartisipasi dan bersaing untuk menjadi pemenang. Hadiah utama dalam kompetisi ini adalah Robotic Virtual Camp, ini merupakan bagian dari cara untuk terus mengenalkan science pada generasi muda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Lingkungan

3M Indonesia telah melakukan program daur-ulang kertas sebagai bentuk partisipasi kepedulian akan lingkungan hidup, sekaligus menjadi langkah untuk mendukung pendidikan anak-anak Indonesia.

3M Indonesia bekerja sama dengan beberapa NGO untuk mengolah sampah kertas dan Plastik. Salah satunya dengan Yayasan Nara Kreatif, organisasi sosial yang bergerak dalam pengolahan limbah perusahaan (green office) dan lembaga pendidikan (green education) yang menaungi anak jalanan.

Tahun lalu, dua ton limbah kertas yang dikumpulkan dari 3M Indonesia diolah menjadi kertas daur ulang dan di produksi menjadi souvenir seperti buku agenda, game board, dan produk lainnya untuk dijual kembali kepada perusahaan penyumbang kertas, yakni 3M Indonesia. Kemudian hasil penjualan souvenir tersebut digunakan untuk dana bantuan beasiswa pendidikan. Program pengembangan pendidikan yang dijalankan oleh 3M Indonesia ini telah diterima oleh 21 anak di bawah naungan Yayasan Nara Kreatif.

President Director 3M Indonesia, Sashidharan Sridharan menyatakan program pemanfaatan limbah kertas merupakan salah satu wujud komitmen 3M Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup (Improving Every Life) masyarakat Indonesia serta memberikan dampak positif bagi lingkungan.

"Oleh karenanya melalui pengelolaan limbah kertas ini, kami turut berpartisipasi memberikan donasi biaya pendidikan untuk anak jalanan dan warga belajar untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan kami percaya bahwa pendidikan merupakan senjata yang mampu mengubah dunia," ujar Sashidharan Sridharan.

3. Komunitas 

 

3M Indonesia juga aktif hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk membantu mereka yang mengalami musibah bencana dan turut membantu memperbaiki ekosistem di area tersebut untuk kesejahteraan masyarakat. Seperti memasang pipa saluran air bersih di Situhiang, Bogor, Jawa Barat. Merawat tanaman bakau dan water treatment untuk petani tambak di Semarang.

Di tengah pandemi Covid-19, 3M Indonesia juga turut aktif meringankan beban masyarakat dan juga para petugas kesehatan yang menjadi garda terdepan melawan Covid-19.

3M Indonesia mendukung Habitat for Humanity dalam program BERGERAK untuk membantu memberikan rumah singgah untuk para tenaga medis. Salah satu bentuk dukungan 3M adalah dengan mengajak seluruh karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan #3Mbergerak dan mengumpulkan kalori sebagai bentuk donasi.

Selain itu, 3M Indonesia juga bekerja sama dengan Yayasan sosial (NGO) yang berfokus pada bantuan kemanusiaan. Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan bantuan khususnya dalam mengatasi masalah kelaparan berupa bahan makanan pokok di wilayah yang menjadi fokus penanganan kasus COVID-19 yaitu pulau Jawa, Bali, dan Papua.

“Pandemi yang terjadi saat ini, telah mempengaruhi kehidupan setiap orang. Oleh karena itu kami tergerak memberikan bantuan dalam bentuk pangan yang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya di Indonesia. 3M akan terus mencari cara untuk membantu dalam memerangi COVID-19 dari segala sisi dan bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk memberikan bantuan kemanusiaan," ujar Sashidharan Sridharan.

 

Program COVID-19 Pandemic Emergency Response ini merupakan bagian dari 3Mgives untuk memberikan bantuan kebutuhan pangan langsung berupa makanan pokok dan kupon yang dapat ditukarkan bahan makanan pokok. Hal ini bertujuan juga untuk membantu roda perekonomian masyarakat sekitar. 3M Indonesia memberikan donasi total senilai US$ 85.000 untuk disalurkan kepada penerima manfaat.

“Sebagai perusahaan global yang beroperasi di lebih dari tujuh puluh negara, kami berkomitmen untuk menjaga ekonomi lokal demi kelangsungan hidup masyarakat setempat. 3M akan terus merespons dengan cara-cara inovatif dan efektif untuk membantu masyarakat yang paling membutuhkan” tutur Sashidharan.

Anda dapat mempelajari solusi-solusi kreatif 3M dalam menjawab berbagai tantangan dunia di www.3M.com atau di Twitter @3M atau @3MNewsroom.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.