Sukses

Kabar Terbaru Kasus Video Syur Mirip Jessica Iskandar

Polisi mengaku sudah mengantongi identitas beberapa akun media sosial yang menyebarkan video syur mirip Jessica Iskandar.

Liputan6.com, Jakarta - Belum usai polisi mengidentifikasi kasus video syur mirip Gisella Anastasia atau Gisel, nama Jessica Iskandar juga menjadi sorotan dengan kasus yang sama.

Seperti halnya Gisel, namanya pun sempat menjadi trending topik di Twitter, Sabtu, 7 November lalu. Dikarenakan muncul sebuah video panas yang memperlihatkan seorang wanita disebut mirip dengan ibu muda yang akrab disapa Jedar ini.

Meski begitu, Jessica Iskandar menanggapi santai terkait video syur tersebut. Lewat akun Instagramnya, ia hanya berucap,"Mendadak ada kembaran bule LOL," tulis Jedar dalam postingannya.

Adalah pengacara berinisial FD yang melaporkan sejumlah akun media sosial yang menyebarkan rekaman video mirip artis Jessica Iskandar ke Polda Metro Jaya, Minggu, 8 November 2020.

"FD ini juga melaporkan lagi video yang mirip saudara JI, karena pelapor dan sangkaan pasalnya sama, sehingga sudah lakukan klarifikasi juga tahap penyelidikan," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis, 12 November kemarin.

Berikut sederet perkembangan terkini terkait video asusila yang disebut mirip Jessica Iskandar dihimpun dari Liputan6.com: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Polisi Gelar Perkara

Polda Metro Jaya bakal melakukan gelar perkara kasus video syur mirip artis Jessica Iskandar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, penyidik akan membuktikan pasal yang disangkakan oleh pelapor dalam hal ini pengacara berinisial FD ke penyebar rekaman video misip Jessica Iskandar tersebut.

Sebelumya, FD menjerat penyebar dengan Pasal 27 Ayat 1 Juncto Pasal 45 Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE, Pasal 8 Juncto Pasal 34 Undang-Undang nomor 44 tahun 2008 tentang pornografi.

"Kita akan gelar juga untuk menentukan bisa naik ke penyidikan," ucap dia saat dihubungi, Kamis, 12 November 2020.

Yusri mengatakan, kepolisian telah melakukan pelacakan terhadap akun-akun yang dilaporkan untuk mencari admin atau pemilik akun yang menyebarkan rekaman video mirip artis Jessica Iskandar.

"Kita sudah profiling para pemilik akun itu" ucap dia. 

3 dari 5 halaman

Cek Keaslian Video Syur Mirip Jessica Iskandar

Polisi berencana memeriksa keaslian video syur mirip Jessica Iskandar. Begitu juga video syur mirip penyanyi Gisella Anastasia alias Gisel.

"Nanti kami akan cek keaslian dari video," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis, 12 November.

Dia menuturkan, guna mengecek video syur mirip Gisel dan Jessica tersebut, pihaknya akan menggandeng ahli IT untuk menganalisisnya. Nantinya, ahli ini akan menjadi saksi.

Menurut Yusri, keterlibatan ahli IT dalam mengungkap keaslian video syur mirip Gisel dan Jessica ini, adalah hal yang biasa, dalam menanggapi kasus serupa.

"Kami akan panggil saksi ahli di bidang IT, karena sudah banyak kasus seperti ini yang ditangani Polda Metro Jaya," jelas Yusri.

4 dari 5 halaman

Polisi Kantongi Beberapa Akun Penyebar

Polisi pun mengaku sudah mengantongi beberapa akun media sosial yang menyebarkan video syur mirip Jessica Iskandar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, penyidik menarget akun yang menyebarkan video syur mirip Jessica Iskandar secara masif.

"Pasti sudah banyak akun yang penyidik temukan. Tapi kan gini, penyidik itu selalu cek lagi "Oh ini bukan tersangkanya, dicek masih ada lagi yang lebih banyak menyebarkan". Nah ini mentoknya nanti sampai penyebar pertama," kata dia saat dihubungi, Sabtu (14/11/2020).

Yusri menyampaikan, pengacara berinisial FD memang menyetorkan akun media sosial saat membuat laporan polisi soal. Dari hasil penelusuran, tidak ada indikasi akun-akun menyebarkan secara masif.

"Yang kami cari ini yang masif. Makanya akan di profiling," ujar dia.

5 dari 5 halaman

Libatkan Ahli Hukum dan IT

Kepolisian tidak bekerja sendiri dalam menentukkan tersangka dalam kasus penyebaran video syur mirip artis Jessica Iskandar. Beberapa ahli seperti ahli hukum pidana dan ahli teknologi informasi (TI) turut dimintai pandangannya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan melayangkan surat kepada ahli TI setelah menemukan penyebar masif video syur mirip artis Jessica Iskandar.

"Semuanya ahli akan kita panggil seperti ahli hukum, ahli IT karena kalau menyangkut dunia maya pasti ahli IT yang kita mintai pendapatnya tidak mungkin kan ahli kecantikan," kata dia saat dihubungi, Sabtu (14/11/2020).

"Tapi yang pertama harus kami dapatkan dulu akunnya, kemudian sambil berjalan akan kami panggil," dia menambahkan.

Yusri menerangkan, penyidik dalam mengusut kasus penyebaran video syur mirip Jessica Iskandar telah memerikaa empat orang saksi. Salah satunya saksi ahli hukum pidana. Saat ini, kepolisian masih menyaring beberapa akun yang dinilai memenuhi unsur pasal yang dipersangkakan.

 

(Fifiyanthi Abdurahman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.