Sukses

PVMBG Pasang GPS Baru di Gunung Kerinci Jambi

Selain pemasangan GPS di Gunung Kerinci, juga dilengkapi dengan pemasangan pagar pengamannya agar perangkat itu terlindungi.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi memasang perangkat "Global Positioning System" (GPS) baru di Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

"Ya, sejak Selasa ada pemasangan GPS baru untuk pemantauan aktivitas di Gunung Kerinci ini," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci, S Mamory, Sabtu (14/11/2020).

Selama empat hari, tim berada di dekat kawah gunung tertinggi di Pulau Sumatera tersebut. GPS tersebut berfungsi untuk pengamatan atau pemantauan deformasi gunung api.

Mamory menyebutkan, sebanyak lima orang petugas dilibatkan dalam pemasangan perangkat yang dapat meningkatkan kehandalan dan akurasi pemantauan gunung kerinci tersebut.

Selain pemasangan GPS, juga dilengkapi dengan pemasangan pagar pengamannya agar perangkat itu terlindungi.

"Ya pasang pagar juga, sejak Selasa tim beraktivitas memasang dan menempatkan fasilitas pendukung dan pengamannya," katanya yang dikutip dari Antara.

GPS merupakan sistem satelit navigasi yang membantu menentukan posisi yang berbasis pada pengamatan satelit GPS.

Cara kerjanya atau operasionalnya di gunung api dengan survei GPS yakni menempatkannya pada titik yang ditetapkan koordinatnya dengan GPS.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Status Level II

Dengan penetapan titik secara akurat dan mempelajari pola dan kecepatan perubahan koordinat pada kecepatan perubahan koordinat di titik itu dari koordinat di titik itu maka karakteristik ground deformation pada tubuh gunung api dapat dihitung dan selanjutnya dipelajari.

Pemantauan deformasi dengan menggunakan GPS dilakukan secara episodik dan atau kontinyu.

Saat ini Gunung Kerinci berstatus level II atau waspada sejak tahun 2007. Pemantauan gunung api itu dilakukan di kawasan Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Daerah tersebut merupakan hamparan kawasan wisata, perkebunan dan pertanian yang diandalkan di Jambi dan Sumatera Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.