Sukses

JK: Keberadaan Sukarelawan PMI Sangat Penting di Tengah Masyarakat yang Kesusahan

Menurut Jusuf Kalla, setiap personel PMI harus selalu siap dan siaga untuk memberikan bantuan jika terjadi masalah yang berkaitan dengan kemanusiaan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, sukarelawan PMI akan selalu hadir dalam berbagai kegiatan kemanusiaan di tengah masyarakat  yang sedang kesusahan.

"PMI tidak pernah absen jika terjadi permasalahan kemanusiaan, baik itu bencana alam, orang yang sakit ataupun mau melahirkan, menyediakan darah. Terlebih saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, keberadaan surelawan sangat penting di tengah masyarakat," katanya saat kunjungan kerja di Manokwari, Papua Barat, melalui siaran pers yang diterima di Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu.

Menurut JK, setiap personel PMI harus selalu siap dan siaga untuk memberikan bantuan jika terjadi masalah yang berkaitan dengan kemanusiaan.

"Bahkan, setiap aksi yang dilakukan lembaga ini tidak pernah mengharapkan pamrih. Berbagai pelayanan yang diberikan pun bersifat gratis untuk meringankan penderitaan warga terdampak musibah," kata Jusuf Kalla dilansir Antara

Di sisi lain, kata JK, sebelum hingga Indonesia dinyatakan pandemi COVID-19, PMI sudah lebih dahulu hadir untuk memberikan berbagai edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut.

Aksi kemanusiaan yang dilakukan PMI dalam upaya membantu pemerintah mempercepat penanganan COVID-19 hingga saat ini terus dilakukan mulai dari sosialisasi dan edukasi, penyemprotan cairan disinfektan hingga mendistribusikan berbagai bantuan.

"Posisi PMI berada di tengah antara orang yang sedang mengalami kesulitan dan warga yang ingin memberikan bantuan," tambah Jusuf Kalla

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PMI Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PMI Pusat Sudirman Said mengatakan, PMI hadir untuk mengembalikan senyum warga yang sedang mengalami kesusahan atau kesulitan.

Tanpa kenal lelah, relawan PMI membaktikan dirinya demi kemanusiaan dan rela mencurahkan seluruh tenaga, pikiran dan keringatnya agar warga yang terdampak bencana alam maupun non-alam bisa kembali pulih dari keterpurukannya.

"Kami (relawan PMI) akan selalu hadir di tengah masyarakat dan siap membantu siapapun orang yang membutuhkan dan pelayanan yang diberikan seluruhnya gratis atau tidak dipungut biaya sedikitpun," demikian kata Sudirman Said.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK

  • PMI