Sukses

Jokowi Dorong Penguatan Kemitraan ASEAN-Selandia Baru di Pasifik

Jokowi memandang ASEAN-Selandia Baru perlu memperkuat kerja sama penguatan multilateralism.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat atas kembali terpilihnya Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru. Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Selandia Baru yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11/2020).

"Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas mandat baru PM Jacinda sebagai PM Selandia Baru," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Jokowi juga mendorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu. Terlebih, hubungan kemitraan ASEAN-Selandia Baru sudah terjalin selama 45 tahun.

Pertama, Jokowi mendorong agar kemitraan di Pasifik diperkuat. Menurut dia, hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat. Untuk itu, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.

"Hubungan baik kita dapat kita gunakan untuk perkuat kemitraan dengan Pasifik Selatan termasuk di bidang perikanan dan perubahan iklim. ASEAN Outlook on the Indo-Pacific tentunya dapat dijadikan pijakan bagi pengembangan kerja sama dengan Pasifik Selatan," jelasnya.

Kedua, dia memandang ASEAN-Selandia Baru perlu memperkuat kerja sama penguatan multilateralism. Upaya penguatan multilateralisme tersebut penting sekali untuk dilakukan bersama-sama.

"Kita harus pastikan, multilateralism delivers for all," ucap Jokowi.

Ketiga, ASEAN-Selandia Baru perlu memperkuat integrasi ekonomi kawasan yang saling menguntungkan. Oleh karena itu, Indonesia menyambut baik keputusan Selandia Baru untuk menandatangani Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Acara ASEAN

Selain KTT ASEAN-Selandia Baru, Jokowi juga akan menghadiri KTT dua tahunan ke-2 ASEAN-Australia, KTT ke-23 ASEAN Plus Three (APT). Kemudian, dilanjutkan Pertemuan Pemimpin APT dengan Perwakilan East Asia Business Council (EABC).

Sore harinya, Jokowi dijadwalkan menghadiri upacara peluncuran ASEAN Smart Logistics Network (ASLN) with First Project "Vihn Phuc ICD Logistics Center (SuperPort)". Sedangkan malam harinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menghadiri KTT ke-15 Asia Timur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.