Sukses

Menpora RI: Sumut Gudang Atlet Olahraga Berprestasi

Menpora RI, Zainudin Amali menyebut Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu ‘gudang’ atlet berprestasi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyebut Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu ‘gudang’ atlet berprestasi. Hal ini dikatakan Menpora RI dalam sambutannya pada uji publik grand desain keolahragaan nasional di JW Marriott Hotel, Medan, Sumut, Kamis (12/11).

"Sumatera Utara menjadi salah satu tujuan tempat uji publik grand desain keolahragaan nasional, dan kita tahu ini adalah gudang atlet berprestasi dari beberapa cabang olahraga. Ketika ada PON, Sumut menjadi salah satu daerah yang terbaik diluar Jawa. Bahkan, ada cabang olahraga tertentu yang menonjol seperti sepak bola, tinju, wushu, dan lainnya," kata Menpora RI.

Menpora RI mencontohkan, salah satu atlet terbaik di Sumatera Utara adalah Egy Maulana Vikri. Pesepak bola binaan Kemenpora RI ini meniti karir di eropa dan memperkuat klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Selain itu, juga ada kapten Timnas U-19 Indonesia, David Maulana. Kemudian juga ada Lindswell Kwok, atlet wushu dengan prestasi yang mendunia. Kini, Lindswell sudah pensiun.

"Maka, bagi kami, peta olahraga nasional, Sumatera Utara adalah daerah yang penting sebagai penyumbang atlet dan talenta yang luar biasa,” sebut Menpora RI.

Untuk itu, Menpora RI mengajak seluruh stakeholder olahraga dan pihak terkait lainnya secara bersama-sama menyukseskan grand desain keolahragaan nasional. "Saya optimis dan yakin bahwa Sumut bisa terus menyumbangkan atlet untuk Indonesia diberbagai cabang olahraga,” jelasnya.

Disisi lain, Menpora RI juga memuji keindahan alam yang ada di Sumut. Dengan keindahan alam itu, Menpora RI mendorong Sumut untuk terus membangkitkan sport tourism.

"Kita tahu juga Sumut salah satu lokasi tujuan wisata yang boleh dibilang prioritas. Saya kira banyak masyarakat yang berwisata sambil berolahraga menikmati keindahan Danau Toba. Bisa bersepeda dan lainnya. Kita mendorong ini untuk sinergi," kata Menpora RI.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi langkah itu. Ini sejalan dengan apa yang diharapkannya terkait prestasi olahraga di Sumut.

"Kami berterima kasih, uji publik grand desain keolahragaan nasional diselenggarakan di Medan. Diharap pembinaan olahraga Indonesia semakin terarah menuju prestasi. Pembudayaan dan pemasyarakatan olahraga bertujuan agar masyarakat memiliki hidup sehat dan bugar," kata Gubernur.

Dia menilai, pembinaan sejak usia dini harus dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Edy juga menilai harus ada revitalisasi pembinaan olahraga.

"Dengan perbaikan pembinaan olahraga, maka olahraga prestasi bisa terarah. Sebelum mengakhiri ini, kami mohon dukungan dari Pak Menpora atas terpilihnya Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah bersama PON 2024," ujar Gubernur Edy.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini