Sukses

Umumkan Lomba, Kemenag: Seniman Dapat Terus Kembangkan Iluminasi Mushaf Al-Qur’an

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Achmad Gunaryo merilis daftar pemenang Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an, Jumat 13 November 2020

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Achmad Gunaryo merilis daftar pemenang Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an, Jumat 13 November 2020. Diketahui sepanjang lomba, terdapat 146 peserta yang turut mengirimkan karya terbaiknya.

"Kami merasa bahagia dan terhomat atas antusiasme peserta, mereka mengirimkan karya terbaik di bidang seni hias iluminasi mushaf Al-Qur’an kepada panitia,” kata Gunaryo di Gedung Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, Jakarta Timur, seperti disiarkan langsung cahnnel Youtube Lajnah Kemenag, Sabtu (14/11/2020).

Gunaryo menilai, tradisi penyalinan mushaf Al-Qur'an telah berlangsung sejak dahulu di Nusantara. Saat ini, ada sekitar 1.500 naskah mushaf Al-Qur'an kuno dengan berbagai motif ragam hias iluminasi yang telah ditemukan.

"Warisan tersebut banyak tersimpan di museum, pesantren, dan ada juga yang menjadi koleksi pribadi," terang Gunaryo.

Gunaryo berharap, tradisi ini bisa terus dilestarikan dan dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi. Dia meyakini, Kemenag sebagai perwakilan pemerintah, akan terus berkewajiban mendukung upaya pelestarian seni hias mushaf.

"Kita dorong terus para seniman hias iluminasi mushaf Al-Qur’an untuk terus mengembangkan kesenian ini," dia menandasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mereka yang Menang Lomba

Lomba Nasional Iluminasi Mushaf Al-Qur’an berlangsung sejak 14 Agustus 2020. Pendaftaran dibuka hingga 30 Oktober 2020 dan tercatat ada 146 peserta. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai kaligrafer, seniman, desain grafis, pelajar, mahasiswa, guru hingga dosen. Peserta juga berasal dari hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia

Lomba Iluminasi Mushaf Al-Qur’an tingkat Nasional ini meliputi satu paket kesatuan karya iluminasi yang terdiri atas konsep karya, sampul/kulit mushaf (depan, punggung, dan belakang), iluminasi awal mushaf (menghiasi Surah al-Fatihah dan awal Surah al-Baqarah), bingkai halaman teks Al-Qur’an, hiasan tepi halaman (menghiasi tanda ‘ain ruku’, hizb, juz, manzil, waqaf lazim, dan sajdah), kepala surah, dan tanda ayat.

Proses penjuarian dilakukan pada 2 – 9 November 2020. Penilaian dilakukan oleh Dewan juri dari kalangan profesional dengan berbagai keahlian, di antaranya: ahli seni mushaf, seni kriya, dan desain grafis. Keriteria penilaian mencakup motif ragam hias, komposisi warna, dan karakter ‘keindonesiaan’.

Daftar Pemenang Iluminasi Mushaf Al-Qur’an 2020

1. Husaini (Juara Satu/hadiah Rp20.000.000),

2. Riyan Yogo Wibowo (Juara Dua/hadiah Rp15.000.000),

3. Zainul Mujib (Juara Tiga/hadiah Rp12.000.000),

4. Habibullah (Harapan Satu/Rp10.000.000),

5. Lukman Hakim (Harapan Dua/Rp8.000.000),

6. Imam Sobar (Harapan Tiga/Rp7.000.000),-

 

Juara favorit dengan hadiah sebesar Rp5.000.000:

1. Muhamad Erik Setiadi,

2. Muhamad Wahyudin,

3. Nana,

4. H. Anshoruddin Amin,

5. Ahmad Ashof,

6. Nur Syamsi,

7. Rakhmat Abdillah,

8. Dodi,

9. Sucipto, dan

10. Ibnuart Nur Iskandar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.