Sukses

Kasus Harian Covid-19 Tembus Rekor Baru, Ini Penyebabnya

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui bahwa penambahan kasus baru positif virus corona mencatakan rekor tertinggi yakni, 5.444 kasus.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui bahwa penambahan kasus baru positif virus corona mencatakan rekor tertinggi yakni, 5.444 kasus. Menurut dia, kenaikan kasus yang cukup tinggi ini salah satunya disebabkan karena jumlah testing meningkat.

"Kenaikan angka ini dapat terjadi karena beberapa hal baik karena lonjakan kasus infeksi, meningkatnya testing, atau akumulasi kasus yang baru terlaporkan dan tercatat," jelas Wiku saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, Satgas terus berkoordinasi dengan daerah untuk menggencarkan testing dan tracing (penulusuran). Sejumlah daerah, kata Wiku, juga telah menyampaikan kepada Satgas terkait peningkatan kasus covid-19 akibat masifnya testing.

"Beberapa daerah yang menunjukkan kenaikan kasus yang signifikan, seperti Jawa Tengah (1.362 kasus baru per 13 November), sudah menyampaikan sebelumnya bahwa bisa terjadi lonjakan kasus konfirmasi yang tajam akibat dari testing yang meningkat," kata dia.

Wiku pun meminta pemerintah daerah meningkatkan jumlah testing, khususnya pasca libur panjang dan timbulnya kerumunan massa. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 sebab kerumunan menyulitkan masyarakat menjaga jarak sehingga rentan tertular virus.

"Kami juga tidak bosan untuk menghimbau: jangan sampai kita lalai dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga berkontribusi terhadap penambahan kasus covid-19," ujar Wiku.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Baru Tembus 5.444

Sebelumnya, pemerintah melaporkan terdapat 5.444 kasus baru virus corona (Covid-19) di Indonesia, Jumat. Dengan adanya penambahan kasus tersebut, total kasus virus corona di tanah air mencapai 457.735.

Penambahan kasus baru itu didapat dari pemeriksaan 42.333 spesimen dalam 24 jam terakhir. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, penambahan kasus positif tertinggi ditemukan di Jawa Tengah dengan 1.362.

Kemudian, DKI Jakarta sebanyak 1.033 kasus baru. Sementara di luar Pulau Jawa, penambahan tertinggi terjadi di Kalimantan Timur dengan 277 dan Sumatera Barat 189 kasus baru Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.