Sukses

2 Penyebar Ditangkap, Polisi Bidik Pembuat Video Syur Mirip Gisel

Polisi menangkap dua orang berinisial PP dan MM yang menyebarkan video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian menangkap dua orang berinisial PP dan MM yang menyebarkan video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka.

"PP dan MM sudah diperiksa sampai tadi malam. Kedua-duanya ditetapkan sebagai tersangka dan sudah kita lakukan penahahan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat (13/11/2020).

Yusri menyampaikan, kedua orang tersebut bukanlah yang pertama kali menyebarkan video syur mirip Gisel. Namun, hanya membagikan ke akun media sosial lain secara masif.

Kepada kepolisian, keduanya mengaku memperoleh rekaman video dari salah satu akun media sosial. Mereka kemudian menyebarkan agar mendapatkan banyak pengikut.

"Apa motif daripada yang sekarang tersangka? Ini kami masih mendalami terus. Awalnya adalah dia mendapatkan dari salah satu akun medsos, kemudian dia share secara masif untuk apa? Pengakuannya dia untuk menaikan follower dia, yang kedua untuk ikuti kuis kalau follower-nya banyak," kata dia.

Yusri menerangkan, kepolisian tidak berhenti sampai di sini. Pihaknya sedang berupaya mengidentifikasi orang yang mengunggah pertama kali ke media sosial. Juga mencari sosok pemeran dalam video syur mirip Gisel.

"Nanti dari situ akan bertahap, kemudian nyari siapa sih yang menyebarkan pertama, lalu nanti siapa yang membuat video ini," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Ahli IT

Dalam kasus ini, Yusri menyampaikan, kepolisian berencana menggandeng ahli IT.

"Agar bisa lebih terang perkara ini. Saksi ahli IT, minggu depan kami panggil," ucap dia.

Selain itu, kepolisian juga mengagendakan pemeriksaan terhadap Gisella Anastasia pada Selasa 17 November 2020.

Pemeriksaan ini untuk menindaklanjuti keterangan salah satu tesangka penyebar video syur mirip Gisella Anastasia alias Gisel. "Kami rencanakan hari Selasa, kita undang ke sini," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.