Sukses

Terpapar Covid-19, 13 Jemaah Umrah Asal Indonesia Belum Bisa Pulang

Sebanyak 256 jemaah umrah tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan pesawat Saudia SV-816 rute Jeddah (JED) – Jakarta (CGK).

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 13 jemaah umrah asal Indonesia yang terpapar Covid-19, masih menjalani isolasi di Jeddah, Arab Saudi. Sementara, 256 jemaah lainnya, sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (12/11/2020)

Ratusan jemaah tersebut, tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan pesawat Saudia SV-816 rute Jeddah (JED) – Jakarta (CGK). Kepulangan jemaah umrah ini merupakan kloter pertama yang berangkat pada 1 dan 3 November 2020.

"Jadi jemaah umrah yang kembali dari Jeddah jumlahnya ada 256. Ini adalah jemaah yang berangkat kloter pertama tanggal 1 dan 3 November lalu," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Agus Haryadi di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (12/11/2020).

Sebelumnya calon jemaah umrah kloter pertama diberangkatkan dengan 2 penerbangan. Hal ini karena ada sejumlah calon jemaah yang terkendala persyaratan.

"Seperti kita ketahui, tanggal 1 itu ada pemberangkatan perdana, kemudian tidak terangkut semua kan karena syarat-syarat belum lengkap. Kemudian diberangkatkan kembali melalui penerbangan susulan di tanggal 3. Nah, selama kurang lebih 12 hari mereka di sana kemudian hari ini mereka kembali," ujar dia.

Agus menjelaskan, 13 jemaah umrah belum dapat kembali ke Tanah Air lantaran hasil tes swab masih positif Covid-19. Mereka pun harus menjalani isolasi di Arab Saudi.

"Alhamdulillah tadi saya sudah melakukan komunikasi dengan pimpinan rombongan. Mereka menceritakan di sana diberlakukan protokol kesehatan sangat ketat. Sehingga kemudian berdampak beberapa hal yang tidak digeneralisir, akhirnya diberlakukan kepada semua (jemaah umrah)," tutur Agus.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diimbau disiplin

Agus mengimbau kepada calon jemaah umrah asal Indonesia agar lebih disiplin dan mematuhi aturan otoritas kesehatan selama berada di Arab Saudi.

"Jadi ini ada tingkat kedisiplinan yang harus diperbaiki. Karena ada sejumlah jemaah yang keluar (jalan-jalan). Akhirnya otoritas kesehatan di sana mengambil tindakan untuk melakukan swab ulang," kata Agus.

Dia mengatakan, jemaah umrah yang tiba hari ini tidak lagi menjalani isolasi. Karena berstatus bebas Covid-19.

"Jemaah umrah yang kembali hari ini adalah jemaah yang sudah clean and clear statusnya. Jadi mereka sudah di swab/PCR dan hasilnya negatif," kata Agus. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.