Sukses

DPR Minta Pemerintah Efektifkan Bansos Cegah Resesi Akibat Covid-19

Heri Gunawan, meminta pemerintah tak anggap remeh prediksi resesi yang akan terjadi di Indonesia akibat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi XI DPR, Heri Gunawan, meminta pemerintah tak anggap remeh prediksi resesi yang akan terjadi di Indonesia akibat pandemi Covid-19.

"Sikap terlalu percaya diri itu juga yang saat ini dipertontonkan pemerintah. Kritik akan terjadinya kemunduran ekonomi tidak diindahkan," kata Heri, Kamis (12/11/2020).

Menurut dia, dampak resesi akibat pandemi Covid-19 memiliki efek domino yang besar dalam rantai perekonomian, sehingga perlu segera diantisipasi. Salah satunya terjadi PHK.

"Jika tak segera diatasi, efek domino resesi akan menyebar ke berbagai sektor seperti macetnya kredit perbankan hingga inflasi yang sulit dikendalikan, atau juga sebaliknya terjadi deflasi. Banyak orang akan kehilangan rumah karena tak sanggup membayar cicilan karena daya beli melemah," ungkap politisi Gerindra ini.

Karena itu, dia menyarankan, salah satunya dengan mengefektifkan jaring pengaman sosial atau bansos di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Keadaan bisa kembali membaik bila Pemerintah tepat dan cepat dalam mengeksekusi kebijakan pemulihan. Salah satu kebijakan yang perlu diperbaiki, yaitu efektivitas jaring pengaman sosial (bansos) untuk mendongkrak konsumsi rumah tangga," jelas Heri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Efektif

Menurut Heri, Selama ini program bansos belum berjalan efektif dan efisien.

"Jika program bansos ini sudah tepat, seharusnya aktivitas ekonomi di sektor riil tidak minus," ungkap Heri.

Dia menegaskan, kunci ekonomi Indonesia ini ada di sektor rumah tangga, jadi daya beli masyarakat harus ditopang.

"Kalau konsumsi rumah tangga sampai minus, artinya program bansos tidak ada efeknya," tukas Heri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Resesi adalah kelesuan dalam kegiatan dagang.

    resesi

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • DPR adalah lembaga legislatif yang anggotanya terdiri dri anggota partai politik terpilih dari hasil pemilu.

    DPR

  • Jaring Pengaman Sosial