Sukses

Satgas: Wilayah Zona Merah Covid-19 Meningkat Signifikan

Adapun pada zona kuning atau berisiko rendah terhadap Covid-19 terjadi penurunan signifikan. Pada minggu lalu, terdapat 104 kabupaten kota yang ada di zona kuning, kini tersisa 97.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan jumlah kabupaten dan kota yang berstatus zona merah atau berisiko tinggi terhadap Covid-19 meningkat.

Pekan lalu masih 19, kini naik menjadi 27 kabupaten dan kota. Ini merupakan perbandingan untuk periode 4 sampai 10 November 2020 dengan 28 Oktober sampai 3 November 2020.

"Pada pekan ini terjadi peningkatan signifikan pada zona merah atau zona risiko tinggi," ujar Wiku, Rabu (12/11/2020).

Sebanyak 27 kabupaten dan kota yang masuk zona merah ini adalah Kota Gunungsitoli, Kota Padang, Tanah Datar, Kota Tomohon, Banggai Kepulauan, Bengkalis, Kota Kupang, dan Kota Bima, Sumbawa, dan Kota Bandar Lampung.

Kemudian Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kotawaringin Timur, Sukamara, Tanah Bumbu, Kota Tegal, Karanganyar, Pemalang, Pati, Magelang, Semarang, Cilacap, Bekasi, Kota Bekasi, Karawang, Bantul dan Kota Bengkulu.

Sementara wilayah untuk zona oranye atau berisiko sedang terhadap Covid-19 mengalami sedikit penurunan. Pekan lalu, ada 371 kabupaten dan kota masuk zona oranye, kini turun menjadi 370.

"Saya mengingatkan bahwa masih banyak kabupaten kota yang cukup merasa aman di zona oranye. Zona oranye masih bahaya dan berisiko tinggi untuk meningkatkan penularan. Semakin daerah merasa nyaman di zona oranye, maka mereka membuka peluangnya untuk masuk ke zona merah. Ini harus dihindari," tegas Wiku.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zona Kuning dan Hijau

Adapun pada zona kuning atau berisiko rendah terhadap Covid-19 terjadi penurunan signifikan. Pada minggu lalu, terdapat 104 kabupaten kota yang ada di zona kuning, kini tersisa 97.

Penurunan juga terjadi pada zona hijau atau tidak terdampak Covid-19. Dari 12 kabupaten dan kota pada pekan lalu kini menjadi 11.

"Terdapat sedikit peningkatan di daerah yang tidak ada kasus baru. Jika pada minggu lalu terdapat 8 kabupaten dan kota di zona ini. Maka pada minggu ini zona tersebut meningkat menjadi 9 kabupaten dan kota," tandasnya.

Reporter: Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.