Sukses

Kemendikbud Harap Perjuangan Pahlawan Tak Hanya Dikenang Tiap 10 November

Semakin tahu masyarakat terhadap perjuangan para pahlawan, maka akan semakin cinta terhadap negaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto mengingatkan agar perjuangan pahlawan tak hanya dikenang tiap tanggal 10 November.

Dia berharap semua masyarakat dapat senantiasa mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan di luar hari itu.

“Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang oleh kita semua. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020,” kata Wikan dalam keterangan tulis, Selasa (10/11/2020).

Peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2020 ini, Kemendikbud mengangkat tema "Pahlawanku Sepanjang Masa". Tema tersebut menurut Wikan, menjadi pendorong dalam menumbuhkan kepedulian generasi muda terhadap perjuangan para pahlawan.

”Suatu negara hancur, jika generasi muda dijauhkan dari sejarah bangsanya. Semakin kita tahu perjuangan para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan, maka akan semakin cinta kita dengan negara ini,” ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Kepahlawanan

Semangat kepahlawanan yang terus menyala, kata Wikan, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pendiri negeri.

Apabila setiap generasi bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan yang terdiri dari percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, maka menurut Wikan, berbagai permasalahan bangsa akan dapat diselesaikan dengan baik.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negeri dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai, dan menghormati satu sama lain,” pesan Wikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.