Sukses

Jokowi: Perjuangan Pahlawan Membuka Jalan untuk Kita...

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya jasa para pahlawan untuk bangsa dan negara, baik yang dikenal namanya atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya jasa para pahlawan untuk bangsa dan negara, baik yang dikenal namanya atau tidak.

Hal itu diungkapkannya sembari mengingatkan, di bawah hamparan Tanah Makam Pahlawan (TMP) Kalibata bersemayam jasad para pahlawan.

"Perjuangan mereka membuka jalan bagi kita untuk berbakti bagi bangsa ini," kata Jokowi di akun twitternya @jokowi, Selasa (10/11/2020).

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Jokowi memimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata Jakarta Selatan. Setelah itu, dia didampingi Wapres Ma'ruf Amin melakukan tabur bunga di sejumlah makam pahlawan. Salah satunya, makam Presiden ke-3 RI, BJ Habibie.

Selain makam Habibie, Jokowi-Ma'ruf menabur bunga di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014 Taufiq Kiemas yang merupakan suami dari Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Kemudian, makam istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono.

"1 orang lagi dari Pahlawan dengan pangkat terendah," kata Menteri Sosial Juliari Batubara yang ikut mendampingi Jokowi saat dikonfirmasi, Selasa.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Gelar Pahlawan ke 6 Tokoh

Jokowi juga memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Mereka antara lain, Sultan Baabulah, Machmud Singgirei Rumagesan, Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Arnold Mononutu. Kemudian, Sutan Mohammad (SM) Amin Nasutio dan Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi.

"Mereka telah berjasa di berbagai bidang untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa," jelas Jokowi di akun twitternya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.