Sukses

Rayakan HUT ke-9, NasDem Luncurkan Asisten Virtual Rubi

Rubi adalah asisten virtual yang diciptakan oleh Partai NasDem untuk hadir layaknya customer service bagi masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Setelah pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 silam sukses merilis stiker WhatsApp “Rubi”. Kini, bertepatan dengan HUT ke-9 Partai NasDem, Rubi hadir secara utuh diperkenalkan sebagai Asisten Virtual Partai NasDem.

Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPP Partai NasDem Lathifa Al Anshori, selaku pencetus ide pembuatan Asisten Virtual Rubi mengatakan, latar belakang kelahiran Rubi berawal dari program “Tanya Kaka” yang disiapkan untuk mempermudah masyarakat menghubungi Partai NasDem.

Ide pembuatan Asisten Virtual Rubi ini sejatinya digagas Lathifa sebagai salah satu program pertamanya pascadilantik sebagai salah satu Ketua DPP Partai NasDem pada Kongres II Partai NasDem.

Lathifa mengatakan, Rubi hadir sebagai bentuk jawaban Partai NasDem atas tren generasi Z dan milenial saat ini yang ingin mendapatkan jawaban dengan cepat dan tepat tentang berbagai hal, termasuk tentunya partai politik.

"Rubi diharapkan menjawab kebutuhan anak muda saat ini untuk semakin dekat dengan partai politik. Langkah ini juga diambil agar menekan tingkat hoaks yang kerap beredar," kata Lathifa dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/11/2020).

Dia menjelaskan, Rubi adalah asisten virtual yang diciptakan oleh Partai NasDem untuk hadir layaknya customer service bagi masyarakat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, NasDem ingin hadir real-time untuk semua orang yang ingin lebih banyak mengetahui tentang Partai NasDem tanpa perlu repot-repot mencari di internet.

Rubi dapat digunakan untuk mengetahui visi dan misi Partai NasDem, program, hingga kebijakan terkini.

Sebagai dukungan riil Partai NasDem dengan program Presiden Joko Widodo untuk melakukan Transformasi Digital, kata Lathifa, Rubi dipandang perlu diluncurkan bertepatan dengan ulang tahun ke-9 Partai NasDem.

“Ini sebagai hadiah untuk kader-kader kita juga di hari ulang tahun ini, di manapun berada, untuk mempermudah mereka juga bersosialisasi dan berkampanye ke masyarakat luas,” ujar Ketua DPP termuda tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parpol Pertama Miliki Asisten Virtual

Pengenalan Asisten Virtual “Rubi” masuk dalam rangkaian perayaan HUT Partai NasDem ke-9 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan disaksikan oleh seluruh kader Partai NasDem, baik di dalam maupun luar negeri.

NasDem mengedepankan semangat kebaharuan, khususnya dari sisi transformasi digital. Digitalisasi kini membuat hampir seluruh aktivitas manusia dari berbagai kalangan bersentuhan dengan teknologi digital. Sehingga mempermudah untuk lebih dekat dengan masyarakat di kota hingga pelosok.

Mengikuti tagar peringatan ulang tahunnya, yaitu #NasDemSayangKamu, kedepannya Partai NasDem ingin memastikan bahwa teknologi informatika semakin mendekatkan partai politik dengan masyarakat Indonesia.

Rubi dapat diakses dari berbagai macam platform media sosial favorit masyarakat Indonesia saat ini, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, dan Line.

"Kehadiran Asisten Virtual Rubi juga mempermudah teman-teman pemilih yang ada di luar negeri jika bingung dan hendak bertanya tentang Partai NasDem," kata Lathifa.

Di WhatsApp, Rubi dapat dihubungi melalui nomor telepon 081133337070. Sementara di Facebook, masyarakat bisa langsung menemui Rubi di Messenger resmi Partai NasDem. Begitu juga di Line, akun @NasDem menjadi rumahnya Rubi berinteraksi pemilih remaja.

Lalu untuk di Telegram, Rubi hadir via @Nasdembot. Kesemuanya sudah siap dengan sosok imutnya yang bersayap menggunakan mahkota berlambang NasDem.

"Sejauh ini, belum ada partai politik lain di Indonesia yang memiliki asisten virtual. Oleh karenanya kehadiran Rubi menjadikan NasDem sebagai partai politik pertama yang memiliki asisten virtual, yang siap kapanpun dan berada sedekat jempol ke telunjuk," ucap Lathifa menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.