Sukses

Survei Populi Center: Mayoritas Publik Tidak Puas dengan Kinerja Wapres

Sementara terkait kinerja setahun pemerintahan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, sebesar 68,7 persen masyarakat menilai baik.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Populi Center merilis survei nasional terkait tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.

Peneliti Populi Center Nurul Fatin Afifah menyebut, hasil survei terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin hanya 39,0 persen. Sementara persentase yang tidak puas lebih besar, yakni 40,8 persen.

"Sebanyak 10,9 persen mengatakan biasa saja, dan sebesar 9,3 persen mengatakan tidak tahu/tidak jawab mengenai kinerja Wakil Presiden," kata Nurul dalam keterangannya, Senin (9/11/2020).

Sementara terkait kinerja setahun pemerintahan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, sebesar 68,7 persen masyarakat menilai baik, sedangkan sebesar 25,6 persen masyarakat menjawab buruk.

"Ada pun masyarakat yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan ini sebesar 5,3 persen. Hasil ini menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat masih menilai baik setahun pemerintahan Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin," kata Nurul.

Hasil lainnya, terkait tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo berada di angka 60,7 persen atau 53,2 persen puas dan 7,5 persen sangat puas.

"Ini mengalami penurunan jika dibanding survei di bulan November 2019 dengan 65,1 persen. Sementara masyarakat yang menilai tidak puas dengan kinerja Presiden sebesar 36,1 persen (33,3 persen tidak puas dan 2,8 persen sangat tidak puas), angka ini naik dibanding survei sebelumnya yakni 17,7 persen," jelasnya.

"Penurunan atas tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang membuat kinerja pemerintahan kurang optimal," tambahnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangga Dipimpin Jokowi

Selain itu, dalam survei yang dilakukan 21-30 Oktober 2020 di 100 kabupaten/kota yang tersebar secara proposional di 34 provinsi di Indonesia ini, menyatakan sebanyak 71,8% masyarakat bangga dipimpin Jokowi.

Survei dilakukan melalui metode wawancara tatap muka dengan besaran sampel 1.000 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). Margin of error pada survei sebesar 3,10 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen dengan menggunakan pendanaan internal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.