Sukses

Ma'ruf Amin: Jaga Tatanan Dunia, Semua Pihak Perlu Satukan Keharmonisan Beragama

Ma'ruf Amin, menyinggung soal prinsip kebebasan yang dianut di Indonesia. Menurutnya, semua dibatasi oleh nilai agama, norma, serta undang-undang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin, menyinggung soal prinsip kebebasan yang dianut di Indonesia. Menurutnya, semua dibatasi oleh nilai agama, norma, serta undang-undang.

"Di konstitusi kita itu kan kebebasan itu dibatasi oleh nilai-nilai agama, oleh norma-norma, oleh undang-undang. Jadi nggak boleh sama sekali tanpa batas itu," kata dia, dalam siaran persnya, Senin (9/11/2020).

Ma'ruf Amin lantas menyinggung soal kebebasan dari Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang memantik amarah umat Islam di seluruh dunia. Menurutnya, dari kasus ini perlu menyatukan keharmonisan beragama agar tak membuat orang lain merasa tersulut emosinya.

"Sebab, dalam menjaga tatanan dunia, semua pihak perlu menyatukan keharmonisan beragama, seperti di Indonesia walau kebebasan berekspresi tetap dilakukan," ungkap dia.

Ma'ruf Amin meyakini, harmonisasi, toleransi, dan hubungan yang baik antar umat beragama di Indonesia saat ini menjadikan pemerintah bersama dengan tokoh-tokoh agama dan rakyat berhasil membangun moderasi.

Dia berharap, hal itu bisa dilihat dunia bagaimana moderasi dibangun secara global.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prancis Bisa Temukan Formulanya

Ma'ruf Amin berharap, Prancis bisa menemukan formula yang tepat dalam mengelola kehidupan beragama.

"Kita berharaplah Prancis bisa menemukan apa formula yang tepat dalam mengelola kehidupan beragama di sana. Mudah-mudahan bisa ditemukan titik-titik keseimbangan antara nilai-nilai lama yang ada di Prancis, yang dianut selama ini dan juga ada dinamika baru, terutama populasi muslim di Prancis," dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.