Sukses

Cak Imin: Kemanusiaan Harus Diutamakan Dibandingkan Politik Saat Pandemi Covid-19

Cak Imin mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, mereka yang berada di lingkaran politik harus saling membantu.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, mereka yang berada di lingkaran politik harus saling membantu.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan almarhum seniman WS Rendra, yang mengingatkan politik untuk kemanusiaan, terlebih dalam keadaan pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Hal ini disampaikan Cak Imin saat menjadi pembicara dalam diskusi bertema 'Rindu Rendra: Kesaksian Akhir Abad' yang diadakan Komunitas Burung Merak Rendra (KBMR), Sabtu 7 November 2020 malam.

"Pada dasarnya apa yang dikatakan Rendra sama seperti yang dikatakan Gus Dur, di antara politik, kemanusiaan yang paling utama," kata Cak Imin, dalam keterangannya, Minggu (8/11/2020).

Dia pun menyebut salah satu puisi karya WS Rendra yang berjudul Inilah Saatnya, sangat cocok dengan keadaan sekarang , di mana di tengah keadaan yang dikacaukan Covid-19, bangsa Indonesia dipaksa membuat format baru.

"Rendra dapat menggambarkan kondisi masa depan dengan sangat baik, lewat puisi-puisinya" kata Cak Imin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudah Dipahami

Cak Imin juga menuturkan, puisi WS Rendra, yang memperlihatkan soal kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya, mudah sangat dipahami semua pihak.

"Di tengah banyak puisi yang sulit dipahami orang awam, seperti saya, puisi Rendra hadir dengan mudah dipahami," tutur Cak Imin.

Salah satu yang diingatnya, adalah kritik keras WS Rendra terhadap partai politik. Yang diamininnya harus terus berbenah.

"Dari zaman apa pun parpol harus terus berbenah," tukas Cak Imin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.