Sukses

150 WNI Mantan Tahanan Malaysia Pulang ke Indonesia

Kedatangan para WNI dikawal ketat aparat Mapolresta Bandara Soetta saat tiba menggunakan pesawat Malaysia Aiines MH711, sekitar pukul 10.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 150 Warga Negara Indonesia (WNI) mantan narapidana di Malaysia, tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Sabtu (7/11/2020). 

Kedatangan mereka dikawal ketat aparat Mapolresta Bandara Soetta saat tiba menggunakan  pesawat Malaysia Aiines MH711, sekitar pukul 10.30 WIB. 

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Alexander Yuriko mengatakan, dalam melakukan pengawalan dan pengaman, jajarannya menjalankan program Promise (Program Kemitraan Melalui Sentuhan), yakni dengan cara membagikan makanan dan minuman kepada para WNI yang kembali ke Indonesia.

Lalu, para WNI dipastikan telah mengantongi surat tes PCR. Di mana sebelumnya, mereka telah melakukan tes swab yang difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia.

"Dalam pengawalan dan pengamanan, kami menjalankan program Promise dan juga memastikan mereka memiliki surat tes PCR," kata Yuriko. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RPTC Bambu Apus

Selanjutnya, para WNI eks detensi Malaysia tersebut akan didata oleh BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia), kemudian dibawa ke Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) di Bambu Apus, Jakarta Timur.

"Mereka akan dibawa ke rumah perlindungan dulu menggunakan dua bus yang telah disediakan. Dan, rencananya mereka akan dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.